Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Akuntabilitas Tata Kelola Keuangan dalam Aplikasi SIA BUM-Des
07 Agustus 2019 09:21:53 / sulsel1 / dibaca: 736 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Makassar (1/8) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan memberikan sambutan dan arahan dalam Pembukaan Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Badan Usaha Milik Desa (SIA BUM Desa) bagi Pengurus BUM Desa se-Kabupaten Enrekang yang dilaksanakan di Hotel M Regency Makassar dari tanggal 1–2 Agustus 2019. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Enrekang Muslimin Bando yang didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Enrekang Zubaedah Bando, selaku ketua panitia. Peserta pelatihan sejumlah 218 orang yang terdiri dari dua belas orang camat, 112 orang kepala desa dan 94 orang peserta pengurus BUM Desa se-Kabupaten Enrekang.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Arman Sahri Harahap menyampaikan bahwa BPKP telah mengembangkan aplikasi Siskeudes untuk pengelolaan keuangan desa dan telah diterapkan di Kabupaten Enrekang. Selain itu, BPKP juga mengembangkan aplikasi untuk membantu dalam menjaga akuntabilitas tata kelola keuangan BUM Desa, yaitu SIA BUM Desa. Sistem ini akan diimplementasikan melalui kegiatan sosialisasi yang sedang berjalan, kegiatan asistensi yang direncanakan akan dilaksanakan bulan September, dan selanjutnya dilakukan kegiatan bimbingan teknis untuk updating aplikasi dan pemecahan masalah teknis lainnya.

Diharapkan setelah tiga tahap kegiatan tersebut selesai, seluruh BUM Desa sudah dapat mengoperasikan aplikasi sebagai pendukung pelaksanaan prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan BUM Desa. Tanggung jawab sebagai pengurus juga akan sangat terbantu karena aplikasi SIA BUM Desa dapat menghasilkan output berupa laporan keuangan yang telah sesuai Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM).

Sosialisasi dilanjutkan pada hari Jum'at tanggal 2 Agustus 2019 dengan simulasi aplikasi SIA BUM Desa. Kegiatan ini diikuti 94 pengurus BUM Desa yang dibagi menjadi tiga kelas. Simulasi pengoperasian aplikasi dimulai dari tahap setting aplikasi, data umum, dan beberapa contoh transaksi yang terdapat pada BUM Desa sehingga menghasilkan Laporan Keuangan BUM Desa. Masing-masing pengurus BUM Desa juga diberikan aplikasi simulasi untuk dapat megikuti setiap langkah simulasi tersebut. Dengan pelaksanaan kegiatan simulasi tersebut diharapkan dapat menambah wawasan pengurus BUM Desa terutama terkait dengan penatausahaan keuangan BUM Desa.

humas bpkp sulsel (tony sairdekut)



Share      

Berita Terkait:

10 September 2019 08:25:49 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP DIY Kawal SPI PDAM Sleman Menuju Level 2
23 Agustus 2019 11:36:38 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP DIY Dampingi UPT Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Susun RBA
21 Agustus 2019 10:55:56 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Beri Saran dalam RDP Pengawasan Pengelolaan Investasi
21 Agustus 2019 08:40:43 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Dinas Sosial dan PMD Kab. Kepahiang Implementasikan SIA BUM Desa
06 Agustus 2019 15:18:14 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Sulsel Kawal Pengelolaan Aset Desa