Penyerahan Laporan Hasil Pengawasan BPKP pada Provinsi Gorontalo Semester I Tahun 2019

Gorontalo (31/7) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Supriyadi melakukan kunjungan ke Rumah Dinas Gubernur Provinsi Gorontalo didampingi oleh Kabag TU Tonny Royke J Supit, Korwas P3A Sigit Juli Hendriawan, Korwas IPP Sidi Purnomo, dan Korwas AN Mahendratta Panji Wisnu. Kunjungan tersebut dalam rangka penyerahan Laporan Hasil Pengawasan Semester I Tahun 2019 dan penyerahan Laporan Hasil Penjaminan Kualitas Level 3 serta pemberian Piagam Penghargaan bagi Inspektorat Provinsi Gorontalo yang telah mencapai Kapabilitas APIP Level 3. Rombongan Kepala Perwakilan diterima di ruang tamu Gubernur oleh Gubernur Gorontalo Ruslie Habibie bersama para Pejabat Pemda Provinsi Gorontalo lainnya.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Supriyadi mengawali pembicaraannya dengan menyampaikan simpulan hasil pengawasan di wilayah Gorontalo untuk semester I 2019 kepada Gubernur mengenai kualitas pelaporan keuangan pada Pemda di wilayah Gorontalo, pelaksanaan Program Strategis Nasional, dan Pembangunan Pariwisata di Provinsi Gorontalo.

Dalam penyampaiannya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Supriyadi juga menekankan tugas BPKP sebagaimana telah diinstruksikan oleh Presiden agar terus melakukan pengawalan terhadap peningkatan maturitas SPIP dan peningkatan kapabilitas APIP di wilayah Provinsi Gorontalo. Selanjutnya juga disampaikan Implementasi SIMDA Perencanaan yang terintegrasi dengan SIMDA Keuangan.

Gubernur Gorontalo memberikan apresiasi kepada Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo atas asistensi dan pendampingan yang telah diberikan kepada Pemda Provinsi Gorontalo selama ini. Pemda Provinsi Gorontalo mencapai Kapabilitas APIP dan Maturitas SPIP pada level 3 di tahun 2019. Ruslie berharap BPKP Provinsi Gorontalo dapat lebih intensif untuk dapat memberikan konsultansi dan bimbingan dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pengelolaan pemerintahan di wilayah Provinsi Gorontalo.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Supriyadi juga menyampaikan terkait piloting aplikasi SIRRBIA (Sistem Implementasi Risk Management dan Risk Based Internal Audit Terintegrasi) yang untuk pertama kalinya akan diimplementasikan di Provinsi Gorontalo. Ruslie Habibie menyampaikan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Supriyadi sebab aplikasi tersebut sangat membantu tata kelola di Pemda Provinsi Gorontalo.