Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Percepatan Implementasi SIMDA Perencanaan dan SIMDA SAKIP di Papua Barat
11 Juli 2019 14:11:54 / papuabarat1 / dibaca: 205 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Manokwari (9/7) –  Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat menyelenggarakan Workshop Implementasi SIMDA Perencanaan dan SIMDA SAKIP bagi Pemerintah Daerah (Pemda) se-Provinsi Papua Barat di Hotel Aston Niu, Manokwari. Kegiatan dijadwalkan berlangsung selama dua hari tanggal 9 s.d. 10 Juli 2019 dan dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat Riki Antariksa.

Budiarto selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan workshop adalah untuk mempercepat implementasi SIMDA Perencanaan dan SIMDA SAKIP sehingga membantu Pemerintah Daerah dalam memenuhi parameter Monitoring Center for Prevention (MCP) Korsupgah KPK. Hal ini khususnya dalam menindaklanjuti Rencana Aksi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi Integrasi Sistem Perencanaan dan Penganggaran Berbasis Elektronik. Peserta kegiatan berasal dari Sekretariat Daerah, Badan/Dinas Perencanaan Daerah, Badan/Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Biro/Bagian Organisai, serta Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten/kota/Provinsi se-Papua Barat.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat Riki Antariksa menyampaikan bahwa saat ini implementasi SIMDA Perencanaan pada sepuluh Pemerintah Daerah di Provinsi Papua Barat belum seluruhnya dapat diintegrasikan dengan SIMDA Keuangan. Hal ini dikarenakan Pemda pengguna SIMDA Perencanaan belum berhasil menginput dokumen-dokumen perencanaan tahunan. Ia mengharapkan acara workshop ini dapat menghasilkan solusi sehingga dokumen perencanaan tahunan Pemda dapat segera diinput dalam SIMDA Perencanaan. Selain itu, menurutnya, acara workshop ini juga akan memperkenalkan tentang SIMDA SAKIP yang dapat membantu Pemda dalam menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah (LAKIP). Terakhir, Riki mengapresiasi Pemda pengguna SIMDA Keuangan dan SIMDA Perencanaan, serta yang akan menggunakan SIMDA SAKIP sebagai upaya dalam meningkatkan akuntabilitas dan tata kelola pemerintahan di wilayah Provinsi papua Barat.

Adapun materi yang disampaikan dalam pelaksanaan workshop ini, antara lain Gambaran Umum SIMDA Perencanaan dan SIMDA SAKIP, SIMDA Perencanaan dalam mendukung MCP, Percepatan Implementasi SIMDA Perencanaan, dan SIMDA SAKIP. Narasumber merupakan Pejabat Fungsional Auditor (PFA) Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat. (Periko/teguh)



Share      

Berita Terkait:

18 Juli 2019 09:09:21 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Mitigasi Kecurangan, BPKP DIY Lakukan Fraud Risk Assessment
17 Juli 2019 08:47:00 / lampung1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Kunci Sukses Kinerja dan Kesehatan PDAM se-Provinsi Lampung
11 Juli 2019 09:24:35 / malut1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP Bekali Mahasiswa Universitas Khairun Sebelum Terjun Kubermas
25 Juni 2019 13:50:16 / gilang / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP Siap Laksanakan Pengawasan Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja Penyelenggaraan Pemilu 2019
28 Mei 2019 10:11:05 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Kaper BPKP Sumbar Ikut Mengisi Acara Diseminasi Kajian Fiskal