Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Kunjungi Sulawesi Utara, Presiden Jokowi Tinjau Proyek Strategis Nasional
10 Juli 2019 14:35:57 / sulut1 / dibaca: 151 kali / Kat: Presiden

Makassar (4/7) - Presiden RI Joko Widodo, yang didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta beberapa Menteri Kabinet Kerja, yakni Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Utara untuk meninjau pembangunan beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) dan membagikan sertifikat hak atas tanah untuk masyarakat di Sulawesi Utara.

Setibanya di Bandara Sam Ratulangi Manado, Presiden Jokowi yang disambut oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, langsung memantau rencana proyek perluasan Bandara Sam Ratulangi. “Akan dimulai bulan September ini, dan Agustus 2020 sudah rampung,” kata Jokowi. Proyek ini diharapkan dapat mendukung perkembangan industri pariwisata di Sulawesi Utara.

Selepas meninjau Bandara Sam Ratulangi, Presiden dan rombongan bergegas menuju Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, untuk menyambangi kawasan pariwisata yang diproyeksikan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Pulisan. Jokowi menginginkan peran aktif dari pemerintah daerah untuk mendukung pemerintah pusat agar proyek KEK Tanjung Pulisan dapat segera terealisasi, khususnya penyusunan payung hukum yang dapat memudahkan masuknya investasi ke kawasan KEK tersebut.

Setelah mengunjungi kawasan Tanjung Pulisan, Presiden pun berkesempatan untuk membagikan 2.000 sertifikat tanah kepada masyarakat Sulawesi Utara. Acara pembagian sertifikat tanah yang digelar di Graha Gubernur Sulawesi Utara ini, selain dihadiri oleh para menteri, turut dihadiri oleh para Bupati/Walikota dan unsur Forkompimda se-Sulawesi Utara.

Keesokan harinya, Jokowi beserta rombongan menuju Kota Bitung guna meninjau tiga PSN yang pembangunannya sedang dikawal oleh BPKP, seperti Jalan Tol Manado–Bitung, yang ditargetkan selesai pada awal 2020. Presiden Jokowi ingin agar pembangunan jalan tol tetap dapat terus berlanjut walaupun sempat terkendala proses pembebasan lahan. “Jalan Tol Manado–Bitung lahannya masih kurang 13 km yang belum pembebasan, tapi proses tetap berjalan. Maksimal, Maret-April 2020 sudah selesai, Insya Allah,” ujar Jokowi di hadapan awak media. Menurutnya, Jalan tol sepanjang 39,9 km tersebut memiliki fungsi strategis dalam mobilitas masyarakat di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kota Bitung. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Sofyan Antonius juga turut dalam rombongan yang mengawal kunjungan Presiden Jokowi sejak tiba di Kota Manado.

Dari Jalan Tol Manado–Bitung, Presiden melanjutkan kunjungannya ke Pelabuhan Hub Internasional Bitung. Ia merasa puas menyaksikan pengembangan Pelabuhan Bitung yang sejauh ini dapat mendorong volume ekspor-impor, khususnya ke beberapa negara di Asia Timur sekaligus mendukung industri di kawasan timur Indonesia. Lebih lanjut, Pelabuhan Bitung ini masih akan terus dikembangkan kapasitasnya untuk mendukung optimalisasi potensi ekonomi yang ada di Sulawesi Utara.

Kunjungan kerja ditutup dengan mendatangi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung. Presiden Jokowi menyampaikan bahwa ketiga PSN yang ada diharapkan dapat saling mendukung sektor wisata dan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara, khususnya di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kota Bitung. Jalan Tol Manado–Bitung merupakan akses penghubung ke KEK Bitung dan Pulau Lembeh, yang direncanakan menjadi salah satu tujuan wisata baru di Sulawesi Utara. Sedangkan Pelabuhan Hub Internasional Bitung merupakan pintu masuk utama untuk mendukung kegiatan ekonomi di KEK Bitung. Oleh karena itu, Jokowi mengharapkan dukungan dari semua pihak, termasuk BPKP yang mendapat kepercayaan pemerintah untuk mengawal berjalannya pembangunan PSN di Provinsi Sulawesi Utara. (Sulut/amfdp)



Share      

Berita Terkait:

07 Maret 2019 09:42:52 / gorontalo / dibaca: kali / Kat: Presiden
Panen Raya Jagung Bersama Presiden RI
28 Desember 2018 09:49:37 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Presiden
Jambore Desa, Sarana Evaluasi Kebijakan
28 Desember 2018 09:33:41 / Betrika / dibaca: kali / Kat: Presiden
Diskusi Identifikasi Hambatan Pembangunan Nasional
01 Nopember 2018 10:16:19 / bali1 / dibaca: kali / Kat: Presiden
Presiden RI: Laut dan Samudra adalah Masa Depan Kita
28 September 2018 12:58:43 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: Presiden
Dorong Percepatan Pembangunan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda