Penyusunan Laporan Keuangan SMT. I Tahun 2019 serta Penelitian dan Reviu RKA BPKP Tahun 2020

Jakarta (8/7) - Penyusunan Laporan Keuangan BPKP Semester I Tahun 2019 serta Penelitian dan Reviu RKA BPKP Tahun 2020 dilaksanakan di Auditorium Gandhi, Kantor BPKP Pusat. Peserta terdiri dari seluruh Perwakilan BPKP, Pusat-Pusat, Biro-Biro, dan Tim Teknis yang berjumlah 298 orang.  Acara dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 8 s.d. 12 Juli 2019.

Ada yang berbeda dari Penyusunan Laporan Keuangan kali ini. Bersamaan dengan Penelitian dan Reviu RKA BPKP Tahun 2020, kegiatan ini dilaksanakan dengan pertimbangan khusus, yaitu batas waktu penyampaian pelaporan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Direktorat Jenderal Anggaran. Forum dibuka oleh Sekretaris Utama yang diwakili oleh Kepala Biro Keuangan Kwinhatmaka. Sudah menjadi kewajiban instansi pemerintah untuk melakukan penyusunan laporan keuangan sebanyak dua kali pada semester I dan II. Penyusunan Laporan Keuangan BPKP kali ini beriringan dengan Penyusunan Anggaran BPKP Tahun 2020 dengan pagu indikatif. 

Kenaikan anggaran dari 1,431 T di tahun 2019 menjadi 1,853 T, diharapkan dapat mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi BPKP dalam mengawal akuntabilitas keuangan negara. Kenaikan tersebut di antaranya dana khusus untuk pembangunan gedung kantor pada beberapa perwakilan, seperti Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, dan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah, serta untuk Pembangunan Rumah Negara pada Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan, Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, Perwakilan BPKP Gorontalo dan Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat. Selain itu, dana khusus juga dianggarkan untuk kendaraan dinas dan fasilitas BPKP.

Terkait rekonsiliasi laporan keuangan, pengelolaan bukti dan realisasi, indikatornya dioptimalkan pada pencapaian agar akhir tahun dapat mempertahankan predikat WTP. Sekretariat Utama mengharapkan dukungan dari perwakilan maupun pusat-pusat untuk berkontribusi dalam melaksanakan visi dan misi Sekretariat Utama, yaitu Excellent Enabler

(Tim Humas BPKP Pusat)