Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Ekspose Mandiri Penilaian Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP Level 3
10 Juli 2019 11:28:50 / sulsel1 / dibaca: 271 kali / Kat: Evaluasi

Makassar (4/7) - Ekspose Mandiri Penilaian Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP Level 3 diselenggarakan terhadap sejumlah Pemerintah Daerah dan APIP yang berada di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Gorontalo. Kegiatan digelar di Kota Makassar dan dihadiri oleh Deputi Kepala BPKP Bidang PPKD Gatot Darmasto yang didampingi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Arman Sahri Harahap, Auditor Utama BPKP Maliki Heru Santosa, dan Direktur Pengawasan Tata Kelola Pemerintah Daerah Bea Rejeki Tirtadewi.

Kegiatan ekspose bertujuan untuk memaparkan hasil pembinaan penyelenggaraan dan penilaian maturitas SPIP, serta peningkatan kapabilitas APIP pada lima belas Pemerintah Daerah di tiga provinsi di Pulau Sulawesi. Seluruh tim diberi kesempatan langsung menjelaskan gambaran bagaimana implementasi SPIP dan upaya PK APIP di hadapan Deputi PKD. Setiap tim dari tiga Perwakilan BPKP sangat antusias dan berusaha untuk memberikan pemaparan terbaiknya, mengingat kegiatan ini menjadi kesempatan emas untuk menunjukkan kinerja pembinaan yang telah dilakukan terhadap stakeholder. Kerja keras yang telah dilakukan berbuah manis di mana salah satu Pemkab di Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu Pemerintah Kabupaten Gowa berhasil meraih tingkat Maturitas SPIP Level 3. Atas prestasi tersebut, Kota Daeng dapat menjadi contoh bagi Pemerintah Daerah lainnya karena telah berhasil ‘mengawinkan’ Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP Level 3.
 
Hasil keseluruhan yang dicapai dalam ekspose tersebut, empat APIP dinyatakan memperoleh capaian level 3, yaitu Inspektorat Provinsi Gorontalo, Inspektur Kabupaten Pohuwato, Inspektur Provinsi Sulawesi Barat, dan Inspektorat Kota Palopo. Pencapaian level 3 Maturitas SPIP sebanyak enam Pemda, yaitu Inspektorat Kab. Gowa, Inspektorat Kab. Luwu Timur, Inspektorat Kab. Soppeng, dan Inspektorat Kab. Toraja Utara untuk wilayah Sulawesi Selatan, Inspektorat Kab. Mamasa untuk wilayah Sulawesi Barat, dan Inspektorat Kab. Bone Bolango untuk wilayah provinsi Gorontalo. Dari sebelas Pemerintah Daerah yang melakukan ekspose, hanya Kab. Bulukumba yang maturitas SPIP-nya yang masih mendapat status remidi. (humas sulsel/achprz)


Share      

Berita Terkait:

16 Juli 2019 09:39:30 / sultra1 / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Capai Kinerja “Sehat”, Perwakilan BPKP Sultra Berikan Apresiasi pada PDAM Kab. Buton Selatan
15 Juli 2019 16:36:38 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Hadirkan BPKP, DPD RI Selenggarakan Rapat Dengar Pendapat di Sulsel
11 Juli 2019 14:24:03 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Penyusunan Laporan Keuangan SMT. I Tahun 2019 serta Penelitian dan Reviu RKA BPKP Tahun 2020
10 Juli 2019 10:34:09 / malut1 / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Evaluasi Kinerja PDAM Kota Tidore Kepulauan
08 Juli 2019 11:21:28 / lampung1 / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Gubernur Lampung Harap Kawalan Tata Kelola oleh BPKP