Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Menumbuhkan Kompetensi Audit Kinerja secara Berkelanjutan
24 Juni 2019 14:57:34 / kepri1 / dibaca: 1220 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Tanjungpinang (22/06) – Bertempat di Hotel Pelangi Kota Tanjungpinang, telah dilaksanakan Diklat Audit Kinerja bagi Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan Pemerintah Daerah wilayah Kepulauan Riau selama 5 hari, mulai tanggal 17 Juni sampai dengan 22 Juni 2019.

Turut hadir dalam penutupan diklat audit kinerja pada hari ini, yaitu Koordinator Pengawasan JFA Bidang Investigasi Ahmad Fauzi, Sekretaris Inspektorat Provinsi Kepulauan Riau Yudha Prayitno, dan para peserta serta panitia diklat audit kinerja bagi Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan Pemerintah Daerah wilayah Kepulauan Riau.

Adapun materi yang disajikan dalam Diklat Audit Kinerja ini, yaitu Konsep Dasar Audit Kinerja, Perencanaan Audit Kinerja - Penetapan Tujuan dan Lingkup Penugasan, Pemahaman Auditan - Tujuan dan Sasaran, Penilaian Kecukupan Indikator Kinerja, Perencanaan Audit Kinerja - Identifikasi dan penilaian risiko, Identifikasi dan Evaluasi Pengendalian, Penyusunan Program Kerja Audit, Pelaksanaan Audit Kinerja, serta Penyusunan Laporan Hasil Audit Kinerja.

Dalam penyelenggaraan Diklat Audit Kinerja ini, tingkat kehadiran peserta sebanyak 100%, dengan didukung skor evaluasi materi diklat, yaitu 3,69 (Baik) dan skor evaluasi instruktur diklat, yaitu 3,81 (Baik). Peserta yang memperoleh skor terbaik, yaitu Nurmaliza Listia dari Inspektorat Kabupaten Lingga, Ade Pratama dari Inspektorat Kabupaten Lingga, dan Dwi Junila Sari dari Inspektorat Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya, Koordinator Pengawasan JFA Bidang Investigasi Ahmad Fauzi menyampaikan bahwa Diklat Audit Kinerja ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga kualitas hasil audit kinerja, termasuk pemberian rekomendasinya yang lebih bersifat 3E. “Melalui diklat audit kinerja ini, perbaikan tata kelola dan manajemen pemerintah akan bisa dicapai dengan rekomendasi yang lebih stratejik kepada stakholder pemerintah daerah”, ujarnya.

Menutup diklat audit kinerja ini, Ahmad Fauzi juga mengharapkan agar upaya peningkatan kapabilitas APIP ini tidak berhenti di Diklat Audit Kinerja ini saja, sehingga kedepannya ada dukungan dan semangat yang lebih tinggi lagi ke depannya.

(Humas BPKP Kepri)



Share      

Berita Terkait:

04 Oktober 2019 16:19:04 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Perkuat Pengawasan Intern, BPKP Gelar Internalisasi Standar Kerja Pengawasan
03 Oktober 2019 10:11:24 / malut1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Malut Tingkatkan Kualitas SDM APIP di Lingkungan Inspektorat
19 September 2019 08:38:20 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Poltek PIP Makassar Gandeng BPKP dalam Audit PBJ
10 September 2019 08:21:11 / malut1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Pembentukan Auditor di Inspektorat Se-Malut
05 September 2019 20:06:20 / jabar1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Peran APIP dalam The Three Line Of Defence