Penguatan Koordinasi BPKP dan BPK Provinsi Sumatera Barat

Didampingi oleh Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD) Jun Suwarno, Korwas Bidang Akuntan Negara Sudiro, Korwas Bidang Investigasi Kasmual, Kepala Bagian Tata Usaha Slamet Susanto, Pengendali Teknis Bidang APD Yurizal Nazaroeddin dan Pengendali Teknis Bidang APD Helma Fatiza, Kepala BPKP Provinsi Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro disambut langsung oleh Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sumatera Barat Pemut Aryo Wibowo.

Dalam kunjungan tersebut, selain memperkenalkan diri sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat yang baru, Buyung juga menyampaikan kondisi akuntabilitas keuangan pemerintah daerah di Provinsi Sumatera Barat. BPKP selalu berupaya meningkatkan akuntabilitas keuangan pemerintah daerah sebagai upaya mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik. Salah satu cara yang dilakukan BPKP adalah dengan mengembangkan aplikasi Sistem Keuangan Desa atau Siskeudes agar tata kelola keuangan desa lebih cepat, akurat, efektif dan efisien dari proses perencanaan sampai pertanggungjawabannya.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Barat Pemut menyambut baik kedatangan BPKP tersebut. Pemut mengatakan peran BPKP dalam mengawal akuntabilitas keuangan pemerintah daerah sangat penting demi meminimalisasi tindak pidana korupsi pada pemerintah daerah. Pengawalan tidak hanya dalam tata kelola keuangan desa, tetapi juga terhadap tata kelola keuangan daerah lainnya, seperti anggaran pendapatan dan belanja daerah.

Dengan adanya kunjungan ini, kerjasama BPK dan BPKP khususnya pada Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, bisa lebih ditingkatkan sebagaimana yang selama ini berjalan. Ke depan, semoga tindakan pencegahan kerawanan-kerawanan korupsi di daerah Sumatera Barat ini dapat lebih efektif.

Humas BPKP Sumbar