Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Diklat Audit Kinerja, Upaya Peningkatan Profesionalisme Auditor di Wilayah Kepulauan Riau
17 Juni 2019 13:46:25 / kepri1 / dibaca: 760 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Tanjungpinang (17/06) – Bertempat di Hotel Pelangi, Kota Tanjungpinang, Diklat Audit Kinerja yang diikuti oleh 46 orang peserta dari Inspektorat Daerah se-Wilayang Provinsi Kepulauan Riau diselenggarakan selama 5 hari kerja mulai tanggal 17 s.d. 21 Juni 2019.

Turut hadir dalam pembukaan diklat, yaitu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Indra Khaira Jaya, Inspektur Provinsi Kepulauan Riau Mirza Bachtiar, Inspektur Kabupaten Karimun Dedi Hardiman, Inspektur Kabupaten Bintan Akib Rachim, Inspektur Kabupaten Lingga Said Sudrajat, Inspektur Kota Batam Heriman, Sekretaris Inspektur Provinsi Kepulauan Riau Yudha Prayitno.

Indra Khaira Jaya menyampaikan Audit Kinerja merupakan salah satu kegiatan pengawasan yang diamanatkan dalam Permendagri nomor 35 Tahun 2018 tentang Kebijakan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah tahun 2019. “Agar peran ini dapat terwujud, lembaga APIP khususnya Inspektorat harus didukung oleh auditor yang profesional dan kompeten dengan hasil audit intern yang berkualitas”, ujarnya.

Indra menambahkan, Inspektorat berkewajiban mendorong peningkatan kinerja pemerintah dengan melakukan kegiatan audit kinerja terhadap Satuan Kerja Pemerintah Daerah, sehingga penguatan peran Inspektorat mutlak perlu dilakukan. "Audit kinerja merupakan audit atas pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintah yang terdiri atas audit aspek ekonomi, efisiensi, dan audit atas aspek efektivitas, serta ketaatan terhadap peraturan", imbuhnya.

Melalui Diklat Audit Kinerja ini, diharapkan agar Inspektorat menjadi agen perubahan yang dapat menciptakan nilai tambah pada produk atau layanan instansi pemerintah dan merupakan salah satu unsur manajemen pemerintah yang penting dalam rangka mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance) yang mengarah pada pemerintahan/birokrasi yang bersih (clean government).

(Humas BPKP Kepri)

 



Share      

Berita Terkait:

18 Oktober 2019 14:59:44 / bali1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pusbin JFA Gelar Sosiallisasi Penerapan JFA se-Provinsi Bali
16 Oktober 2019 10:06:18 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Deputi AN BPKP Buka Diklat Kapabilitas Auditor SPI BUMN/D dan RSUD
04 Oktober 2019 16:19:04 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Perkuat Pengawasan Intern, BPKP Gelar Internalisasi Standar Kerja Pengawasan
03 Oktober 2019 10:11:24 / malut1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Malut Tingkatkan Kualitas SDM APIP di Lingkungan Inspektorat
19 September 2019 08:38:20 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Poltek PIP Makassar Gandeng BPKP dalam Audit PBJ