Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

SIMDA Integrated sebagai Solusi Akuntabilitas Pemerintah Kabupaten Lingga
13 Juni 2019 08:38:03 / kepri1 / dibaca: 1807 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Batam (11/06/2019) - Bertempat di Ruang Rapat Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau, telah dipaparkan gambaran umum SIMDA Integrated oleh Tim Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau kepada Pemerintah Kabupaten Lingga.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lingga H. Juramadi Esram, Kepala Baperlitbang Lingga M. Asward, Inspektur Lingga Said Sudrajat beserta beberapa pejabat struktural dari Baperlitbang. Adapun maksud kedatangan rombongan dari Kabupaten Lingga adalah terkait keinginan Kabupaten Lingga untuk menggunakan SIMDA Integrated.  Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Indra Khaira Jaya dan Koordinator Pengawasan Bidang P3A Saut Parulian Pasaribu serta PFA bidang APD.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Indra Khaira Jaya mengapresiasi keinginan dari rekan-rekan Kabupaten Lingga untuk mencoba mengimplementasikan SIMDA Integrated. Selanjutnya Indra menjelaskan bahwa BPKP memiliki misi untuk membantu Pemerintah Daerah di mana BPKP memiliki sebuah aplikasi yang dapat membantu Pemerintah Daerah dalam mengelola keuangan dan kinerja daerah agar lebih akuntabel, bernama SIMDA Integrated. “Aplikasi ini nantinya akan terintegrasi mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaporan sampai dengan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah”, ujar Indra.

Selanjutnya, gambaran singkat SIMDA Integrated dipaparkan oleh Tim Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau. Dalam paparan tersebut dijelaskan bahwa SIMDA Integrated merupakan suatu aplikasi yang sangat komprehensif dan bisa membantu Pemerintah Daerah dalam menyelesaikan permasalahan integrasi antara perencanaan dan penganggaran serta pelaporan kinerja yang lazim terjadi selama ini. SIMDA Integrated melingkupi Analisis Standar Belanja (ASB) dan Standar Satuan Harga (SSH), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan Renstra, Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan Rencana Kerja (Renja), Penganggaran dan SAKIP. Setelah paparan disampaikan, Indra menambahkan bahwa yang penting dalam pengimplementasian SIMDA Integrated ini adalah komitmen yang kuat bersama antara Kabupaten Lingga dan Perwakilan BPKP Kepulauan Riau.

Pemerintah Kabupaten Lingga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya dan berharap agar kerja sama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau dapat berjalan dengan lancar.

(Humas BPKP Kepri)

 



Share      

Berita Terkait:

07 Oktober 2019 09:26:58 / ntb1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP NTB Siap Kawal Akuntabilitas Pembangunan Pasar Renteng Praya
30 September 2019 13:17:51 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Bengkulu Dukung RSUD Bengkulu Tengah Menuju BLUD
20 September 2019 11:08:30 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Sosialisasi dan Bimtek Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi
10 September 2019 08:25:49 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP DIY Kawal SPI PDAM Sleman Menuju Level 2
23 Agustus 2019 11:36:38 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP DIY Dampingi UPT Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Susun RBA