Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

GIA Corpu, Upaya Adaptif Memperkuat Kompetensi APIP
31 Mei 2019 15:50:12 / dian_setyawati / dibaca: 409 kali / Kat: Corpu

Jakarta (31/5) - Setelah serangkaian pra acara dari soft launching hingga seminar, akhirnya tibalah waktu Grand Launching Government Internal Audit Corporate University atau disingkat GIA Corpu pada hari ini, bertepatan dengan peringatan 36 Tahun BPKP. Peresmian peluncuran ini ditandai dengan Handping atau menapakkan tangan pada tablet yang telah tersedia di meja peresmian. Handping dilakukan oleh Rektor GIA Corpu sekaligus Kepala BPKP Ardan Adiperdana, didampingi oleh Sekretaris Utama BPKP Dadang Kurnia, dan para Deputi Kepala BPKP selaku penanggung jawab program GIA Corpu. Inovasi GIA Corpu menjadi sebuah kebanggaan sekaligus tantangan bagi BPKP untuk menjadi salah satu Corpu terdepan di sektor publik pada tahun 2024.

Kegiatan yang digelar di Auditorium Gandhi Kantor BPKP Pusat ini diikuti oleh 291 peserta yang terdiri dari para Inspektur Jenderal, Inspektur Utama, Inspektur pada Kementerian/Lembaga/TNI/Polri, serta Inspektur Provinsi dan Kota, jajaran pimpinan BPKP, serta auditor. “Menyikapi tingginya komitmen pemerintah terhadap akuntabilitas dan lingkungan strategis yang semakin dinamis, menjadikan kemampuan APIP sebagai faktor penting dalam mengawal akuntabilitas untuk mempunyai kompetensi yang sustain menjadi semakin urgent,” ujar Kepala BPKP Ardan Adiperdana saat membuka acara

Peran APIP bertransformasi hingga menjadi trusted advisor yang kemampuannya harus memadai, relevan, dan adaptif terhadap perubahan. “GIA Corpu adalah inisiatif yang dilahirkan sebagai upaya adaptif  untuk menjawab permasalahan tersebut. Sebagai strategic tool, Corpu diharapkan mampu mendukung kinerja organisasi dan membantu pencapaian sasaran organisasi,” ungkap Ardan. Program pembelajaran yang disampaikan pun harus applicable, relevant, impactful dan accesible bagi APIP.  

Ardan menegaskan bahwa GIA Corpu merupakan wadah pengembangan kompetensi bersama bagi seluruh komunitas APIP dan stakeholders terkait. GIA Corpu hadir sebagai mitra strategis bagi pengguna dan stakeholders untuk membangun tata kelola yang baik, dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang akuntabel.

Mengusung tagline alligning, performing dan transforming, GIA Corpu diharapkan mampu selaras dengan kebutuhan dan strategi pengawasan APIP. Program tersebut juga harus mampu meningkatkan performa pegawai, auditor, dan juga kinerja organisasi. Pada akhirnya, program pembelajaran di GIA Corpu diharapkan mampu menyiapkan kompetensi dan kapabilitas SDM untuk melakukan transformasi organisasi menghadapi tantangan dan perubahan di masa datang.

 

Tim Humas Pusat

 



Share      

Berita Terkait:

31 Oktober 2019 10:48:45 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Corpu
Mengasah Pengendalian sebagai Ujung Tombak Manajemen
28 Mei 2019 09:50:43 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Corpu
Perkuat Kompetensi Pengawasan Intern Melalui GIA CORPU