GIA Corpu, Upaya Adaptif Memperkuat Kompetensi APIP

Kegiatan yang digelar di Auditorium Gandhi Kantor BPKP Pusat ini diikuti oleh 291 peserta yang terdiri dari para Inspektur Jenderal, Inspektur Utama, Inspektur pada Kementerian/Lembaga/TNI/Polri, serta Inspektur Provinsi dan Kota, jajaran pimpinan BPKP, serta auditor. “Menyikapi tingginya komitmen pemerintah terhadap akuntabilitas dan lingkungan strategis yang semakin dinamis, menjadikan kemampuan APIP sebagai faktor penting dalam mengawal akuntabilitas untuk mempunyai kompetensi yang sustain menjadi semakin urgent,” ujar Kepala BPKP Ardan Adiperdana saat membuka acara

Peran APIP bertransformasi hingga menjadi trusted advisor yang kemampuannya harus memadai, relevan, dan adaptif terhadap perubahan. “GIA Corpu adalah inisiatif yang dilahirkan sebagai upaya adaptif  untuk menjawab permasalahan tersebut. Sebagai strategic tool, Corpu diharapkan mampu mendukung kinerja organisasi dan membantu pencapaian sasaran organisasi,” ungkap Ardan. Program pembelajaran yang disampaikan pun harus applicable, relevant, impactful dan accesible bagi APIP.  

Ardan menegaskan bahwa GIA Corpu merupakan wadah pengembangan kompetensi bersama bagi seluruh komunitas APIP dan stakeholders terkait. GIA Corpu hadir sebagai mitra strategis bagi pengguna dan stakeholders untuk membangun tata kelola yang baik, dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang akuntabel.

Mengusung tagline alligning, performing dan transforming, GIA Corpu diharapkan mampu selaras dengan kebutuhan dan strategi pengawasan APIP. Program tersebut juga harus mampu meningkatkan performa pegawai, auditor, dan juga kinerja organisasi. Pada akhirnya, program pembelajaran di GIA Corpu diharapkan mampu menyiapkan kompetensi dan kapabilitas SDM untuk melakukan transformasi organisasi menghadapi tantangan dan perubahan di masa datang.

 

Tim Humas Pusat