Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Pemkab Gowa Raih Level 3 Kapabilitas APIP
31 Mei 2019 15:32:13 / sulsel1 / dibaca: 1043 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Gowa (27/5) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Arman Sahri Harahap mengapresiasi pencapaian level 3 Kapabilitas APIP Pemerintah Kabupaten Gowa saat memberikan sambutan pada acara Coffee Morning di Baruga Tinggimae Rumah Jabatan Bupati Gowa.

Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Muchlis, Inspektur Gowa Kamsinah beserta seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gowa. Turut hadir dalam rangka studi banding, di antaranya Inspektorat Kota Jayapura dan Inspektorat Kabupaten Majene.

Wakil Bupati Gowa mengatakan bahwa APIP mempunyai fungsi yang sangat penting dalam menjamin mutu penyelenggaraan pemerintah daerah. APIP menjadi mitra konsultasi bagi stakeholder dalam menjalankan fungsi pembinaan dengan berlandaskan integritas yang tinggi demi terciptanya tata kelola pemerintah yang baik dan bersih.

Rauf Malaganni juga menyampaikan terima kasih kepada Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan atas pembinaannya sehingga Kapabilitas APIP Kabupaten Gowa dapat mencapai level 3. Pada level ini, APIP Kab. Gowa sudah mampu menilai efesiensi, efektifitas, ekonomis dan mampu memberikan konsultasi tata kelola pemerintahan, serta dapat menerapkan manajemen risiko dan pengendalian intern.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Arman Sahri Harahap menyatakan bahwa Pemkab. Gowa merupakan mitra utama BPKP karena telah menggunakan keseluruhan tools yang dikembangkan oleh BPKP dalam upaya peningkatan kualitas akuntabilitas keuangan dan pembangunan. Dari 548 pemerintah daerah yang ada di Indonesia, hanya delapan yang kapabilitas APIP-nya sudah mencapai level 3, yaitu dua pemerintah provinsi, dua pemerintah kota, dan empat pemerintah kabupaten. Adapun dua Pemkab yang mencapai level 3, yaitu Sidrap dan Gowa.

“Yang membedakan dari delapan pemerintah daerah dalam mencapai level 3 kapabilitas APIP adalah Pemkab. Gowa mendapat predikat level 3 tanpa catatan, Pemda yang lain mencapai level 3 dengan catatan. Artinya, apabila dalam mencapai level 3 terdapat catatan, maka ada hal-hal yang harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum diberikan surat pengantar level 3,” ungkap Arman.

Pencapaian kapabilitas APIP level 3 pada Pemkab. Gowa merupakan konstribusi dan kerja keras seluruh aparatur dan Inspektorat Kabupaten Gowa.

 

(Humas-sulsel/ipL)



Share      

Berita Terkait:

18 September 2019 09:55:52 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP Sulsel Perkuat Kapasitas SDM APIP Pemkab Maros
18 September 2019 09:42:17 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Kompetensi APIP, Sebuah Prioritas dalam Proses Pengawasan
02 September 2019 09:51:52 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Peningkatan Kapabilitas APIP melalui Penjagaan Kualitas KKA dan Telaah Sejawat
23 Agustus 2019 10:41:35 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Penyerahan Laporan Level 3 Kapabilitas APIP Kabupaten Kulon Progo
20 Agustus 2019 09:04:46 / sultra1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Percepatan Pencapaian Level 3 Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP di Sultra