Berkah Ramadhan Bagi Pemerintah Daerah se-Provinsi Gorontalo

Berdasarkan UU 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, opini WTP merupakan pernyataan profesional atas tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan. Untuk memperoleh opini WTP, laporan keuangan suatu Pemerintah Daerah harus berdasar pada kriteria kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Perolehan opini WTP atas LKPD TA 2018 pada Pemerintah Daerah se-Provinsi Gorontalo merupakan yang pertama kali dan diberikan bersamaan dengan Rapat Paripurna DPRD. Pada hari yang sama, opini WTP juga diraih oleh Pemerintah Kota Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, dan Kabupaten Gorontalo di kantor BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo. Kabar gembira kemudian berlanjut dengan penyerahan opini WTP untuk Kabupaten Boalemo, Kabupaten Gorontalo Utara, dan Kabupaten Pohuwato, sehingga akhirnya 100% Pemerintah Daerah se-Provinsi Gorontalo mendapatkan opini WTP.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Supriyadi mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh Pemerintah Daerah se-Provinsi Gorontalo atas prestasi ini. Peraihan opini WTP adalah buah manis hasil kerja keras dan komitmen nyata seluruh Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan pertanggungjawaban keuangan yang transparan dan akuntabel. Hal ini diwujudkan dengan kerja sama yang baik seluruh elemen Pemerintah Daerah dalam satu kesatuan entitas pelaporan. Pertanggungjawaban keuangan adalah kewajiban dalam penyelenggaraan berbangsa dan bernegara melalui tata kelola pemerintahan yang baik. BPKP, sebagai mitra kerja dalam pengawasan keuangan dan pembangunan, berkomitmen untuk menjalin hubungan yang harmonis melalui kegiatan pengawasan dalam memberikan nilai tambah dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah.

Hal ini terbukti dengan adanya pelayanan konsultasi berupa kegiatan bimbingan teknis ataupun coaching clinic keuangan daerah dengan dukungan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan. SIMDA Keuangan merupakan sumbangsih unggulan dari BPKP di ranah Penyelenggaraan Keuangan Daerah sebagai pendukung penyelenggaraan keuangan, mulai dari perencanaan, penatausahaan, dan pelaporan keuangan di seluruh Pemerintah Daerah se-Provinsi Gorontalo, secara terkomputerisasi dan berorientasi kepada pengguna sehingga dapat memudahkan pekerjaan dengan tetap memberikan perhatian pada aspek pengendalian atas kegiatan. 

Semoga momen Berkah Ramadhan ini dapat menjadi motivasi dalam rangka mempertahankan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah demi tercapainya tujuan penyelenggaraan good governance and clean government.

Selamat bagi Pemerintah Daerah se-Provinsi Gorontalo!

(Humas BPKP Prov. Gorontalo)