Perkuat Kompetensi Pengawasan Intern Melalui GIA CORPU

Acara diawali dengan laporan oleh Ketua Panitia Djoko Prihardono. Ia menjelaskan bahwa seminar ini bertujuan untuk mendiskusikan teori, konsep, dan implementasi Corpu, meningkatkan awareness komitmen terhadap proses dan hasil pembelajaran bagi para unit kerja dan organisasi APIP, mengintegrasikan seluruh sumber daya pembelajaran di lingkungan APIP serta mendorong aliansi dan kerja sama dalam proses pembelajaran melalui GIA Corpu, dan mendorong pembelajaran berkelanjutan di lingkungan APIP dalam menghadapi tantangan perubahan.

Kepala BPKP Ardan Adiperdana dalam arahannya mengatakan bahwa GIA Corpu adalah inisiatif yang dilahirkan dalam upaya adaptif merespon kebutuhan pengelola kompetensi APIP agar senantiasa relevan dengan kebutuhan. GIA Corpu merupakan implementasi dari konsep e-learning organization yang dijadikan strategic tool dalam organisasi untuk meningkatkan kinerja organisasi dan membantu pencapaian strategis organisasi. "Pengembangan GIA CORPU diharapkan menghasilkan program pembelajaran sebagai solusi pembelajaran yang accessable, relevan, dan impactful bagi seluruh auditor dan organisasi APIP, serta mampu menyiapkan kompetensi, kualitas, dan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melakukan transformasi organisasi menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0," jelasnya.

Seminar dilanjutkan dengan diskusi panel yang dimoderatori oleh Auditor Utama Maliki Heru Santosa dengan narasumber, Anna Maria selaku Chef Consultant & Founder PT Wahana Tatar Wirakelola, Agung Sutanto A.S selaku Senior Chief Learning Officer Telkom Corporate University, Arlyana Abubakar selaku Direktur Bank Indonesia Institut, dan Djoko Prihardono selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan BPKP. Di Akhir acara, para peserta seminar juga diberikan kesempatan untuk melakukan registrasi dan uji coba Massive Open Online Course (MOOC) yang dipandu oleh Tim Pusdiklatwas BPKP.