Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Koordinasi Pengawasan BPKP Sumbar dengan Bupati Pasaman Barat dan Bupati Kep. Mentawai
28 Mei 2019 10:06:48 / sumbar1 / dibaca: 1448 kali / Kat: SPIP

Padang (23/5) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro menerima kunjungan koordinasi Bupati Pasaman Barat Syahiran dan dan Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet beserta Inspektur dan Kepala Badan keuangan Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Koordinasi terebut merupakan yang pertama di masa jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat yang baru. 

Bupati Pasaman Barat dan Bupati Kepulauan Mentawai berharap hubungan kerja yang baik dapat terus terjalin. Yudas meminta agar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat dapat membantu membenahi dan meningkatkan BUMD milik Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Buyung menyampaikan apresiasi atas koordinasi yang dilakukan selama ini dan menjelaskan peran BPKP terkait tata kelola pemerintahan daerah. “Kami secara umum mendampingi Pemda dari segi pengelolaan keuangan, Dana Desa, SPIP, Kapabilitas APIP, juga terkait SIMDA. Terkait SIMDA ini nantinya mulai dari perencanaan, pengelolaan keuangan, akan sampai ke pelaporan kinerja berupa LAKIP. Selain itu, dalam hal Kapabilitas APIP juga kami mengharapkan Inspektorat Kabupaten mampu melakukan Audit Investigatif secara mandiri sehingga Inspektorat bisa lebih berperan ketika terdapat permintaan audit oleh APH,” ungkap Buyung.

Terkait opini atas LKPD, Buyung menekankan pentingnya penyelenggaraan SPIP yang baik agar memenuhi kriteria LKPD dengan opini WTP. “Untuk mendapatkan opini WTP atas LKPD, secara teori berbanding lurus dengan capaian level maturitas SPIP pada Pemerintah Daerah. Secara teori, SPIP harus level 3 dulu, karena laporan disusun berdasarkan Sistem Pengendalian Internal yang memadai,” imbuhnya.

Humas BPKP Sumbar



Share      

Berita Terkait:

16 September 2019 10:38:33 / diy1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pemda Kulon Progo Siap Tingkatkan Maturitas SPIP
06 September 2019 08:25:48 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Maturitas SPIP Kabupaten Lebong Level 3, Pertama di Provinsi Bengkulu
06 September 2019 08:23:13 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Perkuat Pilar Akuntabilitas Melalui Workshop Penilaian Maturitas SPIP
31 Agustus 2019 16:23:27 / diy1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
BPKP DIY Bimbing Penyelenggaraan SPIP Kepala SD di Bantul
19 Agustus 2019 09:30:22 / gorontalo / dibaca: kali / Kat: SPIP
Penghargaan Hasil Evaluasi Penilaian Maturitas SPIP Level 3 Bone Bolango