Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Kaper BPKP Sumbar Ikut Mengisi Acara Diseminasi Kajian Fiskal
28 Mei 2019 10:11:05 / sumbar1 / dibaca: 1765 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Padang (23/5) - Bertempat di Aula Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan Diseminasi Kajian Fiskal Regional Provinsi Sumatera Barat Tahun 2018. Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, di antaranya Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro, Sekretaris Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Andalas Fajri Muharja, dan Abdul Lutfi dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat.

Hadir sebagai peserta dalam kegiatan tersebut, para Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten/Kota, wakil Bank Indonesia dan OJK, serta pejabat terkait pada Instansi Vertikal di Wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Membuka paparannya, Buyung menjelaskan strategi atau upaya yang dapat dilakukan Pemerintah Daerah dalam mempertahankan Opini WTP, yaitu dengan mengidentifikasi masalah dan penyebab, memilih pendekatan yang terfokus dan terukur, dan menyusun rencana aksi beserta langkah rincinya. Ia menegaskan bahwa semua itu dapat dilakukan dengan membangun komitmen.

Terkait Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD), Buyung juga memaparkan beberapa upaya yang dapat dilakukan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan PAD-nya, salah satunya melalui local taxing empowerment. Upaya tersebut meliputi perluasan objek pajak dan retribusi daerah (ekstensifikasi), penambahan jenis pajak dan retribusi daerah, dan kenaikan tarif pajak sebagai alternatif kebijakan. Ketiganya harus dikaji dengan sangat bijaksana diterapkan.

 

 

Humas BPKP Sumbar



Share      

Berita Terkait:

20 September 2019 10:49:57 / malut1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Workshop Telaah Sejawat Eksternal antar APIP di Lingkungan Provinsi Maluku Utara
20 September 2019 09:42:01 / gilang / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Pengembangan Kompetensi Pejabat Pengawas di Era Digital
18 September 2019 09:25:42 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Fraud Risk Assessment Program Reforma Agraria pada BPN Sumbar
12 September 2019 09:20:02 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Kejati SulSel Gandeng BPKP dalam Review Laporan Keuangan yang Akuntabel
10 September 2019 10:51:48 / gorontalo / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP Gorontalo Fasilitasi Implementasi Simda Perencanaan Pemkab Pohuwato