Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Kabupaten Enrekang Siap Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan Desa
02 Mei 2019 11:23:38 / sulsel1 / dibaca: 1375 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Makassar (29/4) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Arman Sahri Harahap didampingi Korwas APD II Abdi Uluelang menghadiri pembukaan bimbingan teknis aplikasi Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Enrekang di Hotel Continent Centerpoint Makassar.

Bimtek Siskeudes dibuka secara resmi oleh Bupati Enrekang Muslimin Bando. Bimtek ini diikuti oleh 112 peserta yang terdiri dari Kepala dan Perangkat Desa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Enrekang.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Arman Sahri Harahap menyampaikan peran utama BPKP dalam assurance dan consulting, di mana peran consulting bertujuan memberikan nilai tambah organisasi melalui pelatihan dan pembinaan. Oleh karena itu, BPKP siap membekali aparat desa dalam mengelola keuangan sesuai dengan aturan melalui Siskeudes. “Anggaran desa yang semakin meningkat dari tahun ke tahun bertujuan untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan sesuai dengan Nawa Cita,” lanjut Arman.

Untuk memaksimalkan pengelolaan keuangan desa, Arman menyarankan pembentukan satgas/admin Siskeudes di tingkat kabupaten dan kecamatan yang ditetapkan dalam Surat Keputusan. Hal yang tak kalah pentingnya adalah pembentukan klinik desa dan sekretariat untuk memudahkan koordinasi desa di tingkat kabupaten. "Dalam melalukan pengelolaan keuangan harus memperhatikan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan, yaitu efektifitas, efisien, dan ekonomis,” ujarnya.

Sementara itu, Muslimin Bando dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa bimtek ini merupakan sarana untuk belajar dan mempersiapkan diri dalam memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat, “Kita dalam pemerintahan harus memosisikan diri sebagai pelayan yang baik. Akan ada yang merasa puas, namun bisa juga sebaliknya tidak puas bahkan merasa dirugikan. Kalau sudah merasa dirugikan, maka pemerintahan tidak berguna. Oleh karena itu, kita harus melayani dengan tepat waktu dan tepat sasaran,” jelas Muslimin.

Lebih lanjut, Muslimin menyampaikan terima kasih atas dukungan BPKP sehingga Bimtek Siskeudes dapat terselenggara dengan baik. Ia juga berharap BPKP selalu memberikan bimbingan berkelanjutan agar upaya Pemerintah Kabupaten Enrekang dalam meningkatkan pengelolaan keuangan yang baik dapat terwujud.

(humas sulsel/ipL/suke)



Share      

Berita Terkait:

07 Oktober 2019 09:26:58 / ntb1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP NTB Siap Kawal Akuntabilitas Pembangunan Pasar Renteng Praya
30 September 2019 13:17:51 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Bengkulu Dukung RSUD Bengkulu Tengah Menuju BLUD
20 September 2019 11:08:30 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Sosialisasi dan Bimtek Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi
10 September 2019 08:25:49 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP DIY Kawal SPI PDAM Sleman Menuju Level 2
23 Agustus 2019 11:36:38 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP DIY Dampingi UPT Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Susun RBA