Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Pembentukan Pengawasan Intern yang Profesional
03 Mei 2019 13:05:30 / sulsel1 / dibaca: 1648 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Makassar (29/4) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Arman Sahri Harahap membuka secara resmi Diklat Sertifikasi Jabatan Fungsional Auditor Pembentukan Auditor Ahli Pertama bagi Pegawai APIP di lingkungan Inspektorat.

Diklat Sertifikasi Jabatan Fungsional Auditor dilaksanakan di Kantor Pengelola Diklat BPKP Sulawesi Selatan dan diikuti 33 peserta yang berasal dari Inspektorat Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Barru, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe Selatan, Mamberamo Raya, dan sebagainya.

Pada kesempatan tersebut, Arman menyampaikan bahwa diklat ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kapabilitas organisasi ke level 3 saja dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan kapabilitas yang mumpuni, Inspektorat dapat menjalankan fungsinya dengan baik, khususnya terkait akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan dan pelaksanaan pembangunan nasional.

Pengawasan intern oleh APIP diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar bagi organisasi atau institusinya dalam rangka pencapaian tujuan. APIP bukan lagi mencari dan melaporkan temuan, namun mampu memberikan solusi dan nilai tambah untuk penyelesaian tindak lanjut hasil pengawasan sehingga tujuan yang ditetapkan bisa terpenuhi. Selain itu, ke depannya pengawasan tidak semata-mata dilakukan pada kegiatan yang telah selesai dilakukan saja, namun harus dilakukan sejak awal atau pada saat kegiatan sedang berlangsung. Untuk mencapai itu semua, diperlukan auditor intern yang profesional, memiliki kompetensi dan telah tersertifikasi, memenuhi kode etik dan standar audit, serta melaksanakan tugas secara independen dan objektif.

Di samping itu, Arman juga mengapresiasi Inspektorat yang telah mengalokasikan pegawainya untuk mengikuti diklat pembentukan auditor pertama ini. Hal ini menandakan bahwa inspektorat-inspektorat tersebut telah memahami betapa pentingnya jabatan auditor, sehingga diperlukan peningkatkan kualitas SDM melalui diklat ini.

humas bpkp sulsel (andry ritonga)



Share      

Berita Terkait:

18 Oktober 2019 14:59:44 / bali1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pusbin JFA Gelar Sosiallisasi Penerapan JFA se-Provinsi Bali
16 Oktober 2019 10:06:18 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Deputi AN BPKP Buka Diklat Kapabilitas Auditor SPI BUMN/D dan RSUD
04 Oktober 2019 16:19:04 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Perkuat Pengawasan Intern, BPKP Gelar Internalisasi Standar Kerja Pengawasan
03 Oktober 2019 10:11:24 / malut1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Malut Tingkatkan Kualitas SDM APIP di Lingkungan Inspektorat
19 September 2019 08:38:20 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Poltek PIP Makassar Gandeng BPKP dalam Audit PBJ