Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP Raih Penghargaan atas Perolehan Sertifikasi QIA Terbanyak
29 April 2019 18:05:28 / sumsel1 / dibaca: 1592 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Palembang (24/4) - Pentingnya mempersiapkan diri dalam menghadapi revolusi industri 4.0, di mana setiap organisasi dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dan melakukan langkah antisipasi agar tetap relevan dan tumbuh secara berkelanjutan menjadi trusted advisor bagi pimpinan. Hal tersebut disampaikan oleh Sekrertaris Utama BPKP Dadang Kurnia saat menjadi pembicara pada Seminar Nasional Internal Audit 2019 dengan tema “Energizing Internal Audit: Bridging to The Future”. Seminar ini dilaksanakan oleh Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) di Hotel Whydam Palembang dan dihadiri oleh sekitar 500 orang auditor internal dari kalangan lembaga pemerintahan maupun swasta. 

Dadang menambahkan auditor internal saat ini harus bergerak maju dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman, sesuai dengan misi audit internal menurut IPPF IIA, yaitu ”To enhance and protect organizational value by providing risk-based and objective assurance, advice, and insight”. Audit lnternaI harus mampu menjalankan misi untuk memberikan assurance, advice, dan insight untuk mengantisipasi masa depan.

Seminar ini diselenggarakan dalam rangka peningkatan kualitas auditor internal indonesia serta memfokuskan tantangan yang akan dihadapi oleh para audit internal, seperti pengembangan metode yang bisa mempersingkat siklus audit sampai dengan penggunaan teknologi informasi sebagai media penyampaian atas capaian kinerja kepada masyarakat luas.

Pembicara dalam seminar ini, antara lain Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan RI Sumiati, Pembina YPIA Setianto B. Santosa, dan Kepala BPKP yang diwakili oleh Sekretaris Utama BPKP Dadang Kurnia. Turut hadir pada kesempatan ini, Gubernur Sumatera Selatan diwakili Inspektur Provinsi Sumatera Selatan Bambang Wirawan dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan Gillbert A.H. Hutapea. 

Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan RI Sumiati saat membuka acara menekankan bahwa pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan RI mengapresiasi langkah YPIA yang telah melahirkan auditor internal yang berkompetensi melalui sederet uji sertifikasi sehingga tercatat sebanyak 5.200 Auditor Internal memiliki lisensi Qualified Internal Auditor (QIA). 

Oleh karena itu, dengan hadirnya YPIA sebagai jembatan bagi auditor internal dalam meningkatkan kompetensi, baik di level dasar hingga managerial, diharapkan mampu menjadi auditor yang profesional di lembaga dan perusahaan yang ada, baik pada pemerintah maupun swasta.

Dalam acara ini, YPIA juga memberikan penghargaan kepada BPKP sebagai instansi yang memperoleh Sertifikasi QIA Terbanyak Tahun 2018/2019, yaitu lima puluh orang berhasil memperoleh sertifikat QIA pada periode 2018/2019 ini.

(Humas BPKP Sumsel)/AM



Share      

Berita Terkait:

04 Oktober 2019 16:19:04 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Perkuat Pengawasan Intern, BPKP Gelar Internalisasi Standar Kerja Pengawasan
03 Oktober 2019 10:11:24 / malut1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Malut Tingkatkan Kualitas SDM APIP di Lingkungan Inspektorat
19 September 2019 08:38:20 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Poltek PIP Makassar Gandeng BPKP dalam Audit PBJ
10 September 2019 08:21:11 / malut1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Pembentukan Auditor di Inspektorat Se-Malut
05 September 2019 20:06:20 / jabar1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Peran APIP dalam The Three Line Of Defence