Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Komitmen BKKBN Provinsi Maluku Utara Perkuat SPIP
15 April 2019 09:13:47 / malut1 / dibaca: 468 kali / Kat: SPIP

Ternate (9/4) - Komitmen penguatan kompetensi Satgas SPIP diwujudkan oleh Kepala Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara melalui penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara Ali Ismail menyampaikan terima kasih kepada BPKP Provinsi Maluku Utara atas kerjasama yang dilakukan dalam menyelenggarakan kegiatan ini. "Peran BPKP saat ini berkembang menjadi lebih baik dalam mendampingi mitra kerja agar lebih baik dan lebih taat kepada peraturan. Semoga Bimtek SPIP ini dapat membantu kami untuk lebih berbenah sehingga dapat meminimalkan kesalahan-kesalahan yang terjadi," ujar Ali.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Rizal Suhaili menyampaikan bahwa SPIP sudah diimplementasikan. Namun, ketertiban pengadministrasian langkah pengendalian inten perlu diperkuat. "Tahapan pemenuhan formalitas administrasi SPIP perlu dilakukan untuk dapat menegakan pengendalian intern. Ke depannya, langkah pengendalian intern akan menuju ke tahapan integrasi elektronik, di mana seluruh proses akan bersifat digital dan otomatis," jelas Rizal. BPKP memiliki amanat dalam pengawalan PSN, pengamanan aset, peningkatan ruang fiskal, dan tata kelola (good governance). Bimtek ini merupakan salah satu upaya untuk memperkuat tata kelola pemerintahan.

"Sasaran pemerintah adalah terpenuhinya 85% Kementerian dan Lembaga untuk mencapai tingkat maturitas SPIP pada level 3. Komitmen dari kawan-kawan semua dalam ber-SPIP meringankan beban yang kami emban dalam mencapai tingkat maturitas SPIP level 3. Kami harap, bimtek ini dapat memberi manfaat untuk penerapan SPIP yang lebih baik pada Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara," lanjutnya.

Dalam menyampaikan materi overview SPIP, Rizal Suhaili menyampaikan bahwa SPIP adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi. SPIP diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Setelah penyampaian overview SPIP, bimtek dilanjutkan dengan penyampaian materi untuk unsur lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan dokumentasi, dan pemantauan. 



Share      

Berita Terkait:

11 April 2019 12:41:46 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Tiga Komponen untuk Wujudkan Good Governance dan Clean Government
22 Maret 2019 08:43:13 / riau1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pengawasan Dukung Wujudkan Keluarga Berkualitas
19 Maret 2019 09:22:07 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
BISIK SPIP Level 3 di Bengkulu
15 Maret 2019 08:13:33 / gorontalo / dibaca: kali / Kat: SPIP
Bimtek Penilaian Risiko bagi OPD Pemprov. Gorontalo
11 Maret 2019 10:25:22 / riau1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Gelar Rakerwas Tahun 2019, Itwasda Polda Riau Gandeng BPKP Riau