Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Diklat PPBR, untuk Perencanaan Pengawasan yang Semakin Diandalkan
09 April 2019 09:15:09 / kepri1 / dibaca: 2189 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Batam (08/04) - Sebagai salah satu kantor yang memiliki fasilitas diklat memadai, Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan Diklat Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko (PPBR) di Lingkungan APIP Tahun 2019 pada tanggal 8 April sampai dengan 12 April 2019 bertempat di Ruangan Kelas Diklat pada Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau.

Diklat PPBR pada kesempatan kali ini diikuti sebanyak 46 peserta dari 8 Inspektorat Daerah di Wilayah Kepulauan Riau, BP Batam, Inspektorat Daerah Kabupaten Minahasa Utara, Inspektorat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Inspektorat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Inspektorat Daerah Kabupaten Kudus, dan Inspektorat Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Tujuan Diklat PPBR ini, yaitu untuk membekali peserta dengan kemampuan menyusun perencanaan pengawasan berbasis risiko.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Indra Khaira Jaya, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa tantangan utama untuk yang dihadapi APIP/Inspektorat dalam mewujudkan kondisi yang diharapkan pada level 3 adalah sumber daya, baik anggaran maupun sumber daya manusia yang terbatas. Pendekatan terbaik menurut The Institute of Internal Auditor’s (IIA) untuk menetukan unit kerja/kegiatan yang diawasi adalah dengan melakukan perencanaan audit intern tahunan berbasis risiko. “Dengan perencanaan audit intern tahunan berbasis risiko, kegiatan pengawasan dapat difokuskan pada unit kerja/kegiatan yang berkontribusi signifikan pada tujuan pemerintah daerah dan mempunyai risiko yang tinggi sehingga kegiatan pengawasan dapat berjalan efektif dalam mendukung pencapaian tujuan pemerintah daerah," ujar Indra.

Indra menambahkan, hambatan yang dihadapi APIP/Inspektorat dalam pencapaian level 3, khususnya di Wilayah Provinsi Kepulauan Riau, adalah perencanaan pengawasan audit intern tahunan belum diimpelentasikan secara terus menerus. “Pusdiklatwas BPKP melalui Perwaklan BPKP Provinsi Kepulauan Riau melakukan Diklat PPBR dengan harapan para pegawai Inspektorat dapat menyusun perencanaan audit intern tahunan dengan berbasis risiko sehingga kegiatan pengawasan dapat lebih efektif yang pada akhirnya dapat berkontribusi dalam pencapaian tujuan pemerintah daerah”, tutupnya.

(Humas BPKP Kepri/Reza MY)



Share      

Berita Terkait:

17 Juni 2019 13:46:25 / kepri1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Audit Kinerja, Upaya Peningkatan Profesionalisme Auditor di Wilayah Kepulauan Riau
03 Mei 2019 13:05:30 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembentukan Pengawasan Intern yang Profesional
29 April 2019 18:05:28 / sumsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Raih Penghargaan atas Perolehan Sertifikasi QIA Terbanyak
24 April 2019 15:39:24 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tingkatkan SDM Pegawai Lutim, BPKP Sulsel Selenggarakan Diklat Bendahara
20 Maret 2019 08:12:21 / kalteng1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Kalteng dan Inspektorat Kab. Kobar Selenggarakan Workshop Audit Kinerja