Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP yang Adaptif terhadap Tuntutan Tugas dan Tantangan Jaman
08 April 2019 08:25:09 / devina / dibaca: 2117 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Jakarta (5/4) – Dalam rangka optimalisasi tugas dan fungsi yang diamanatkan melalui Perpres 192 Tahun 2014 tentang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, BPKP melaksanakan penataan organisasi dan tata kerja BPKP yang telah disetujui oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Reorganisasi dalam organ BPKP dimaksudkan untuk melakukan penyesuaian sekaligus antisipasi terhadap tugas-tugas saat ini dan tantangan ke depannya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPKP Ardan Adiperdana dalam sambutannya saat memimpin acara Pelantikan Pejabat Struktural di Lingkungan BPKP terhadap 213 pejabat struktural di Pusat dan jabatan Kepala Perwakilan yang terdiri dari Eselon II sebanyak 42 orang, Eselon III sebanyak 89 orang dan Eselon IV sebanyak 82 orang. Pelantikan bertempat di Auditorium Gandhi Kantor Pusat BPKP pada 5 April 2019.

Dalam pelantikan tersebut, dilakukan penyerahan Surat Keputusan Kepala BPKP secara simbolis oleh Sally Salamah dan dilanjutkan dengan pembacaan Salinan Keputusan Kepala BPKP. Naskah pelantikan dibacakan oleh Kepala BPKP dan diikuti dengan pengambilan sumpah jabatan kepada 213 pejabat struktural yang akan dilantik. Dalam periode yang sama, akan dilantik pula 68 pejabat struktural di daerah yang meliputi Pejabat Eselon III sebanyak 5 orang, Koordinator Pengawasan sebanyak 43 orang, dan Pejabat Eselon IV sebanyak 20 orang.

Dalam sambutannya, Ardan menyampaikan bahwa dengan struktur organisasi yang baru diharapkan dapat memperkuat fungsi Rendal dan fungsi kelembagaan Pusat, yaitu Pusinfowas, Puslitbang, Pusbin JFA, dan Pusdiklatwas. Sebagai tindak lanjut penataan organisasi dan tata kerja BPKP, telah terbit Peraturan BPKP Nomor 5 Tahun 2019 dan telah diundangkan dalam Berita Negara Nomor 352 tanggal 29 Maret 2019. Hal tersebut diikuti oleh terbitnya Keputusan Kepala BPKP tentang pembagian lingkup tugas di kedeputian sampai level direktorat. “Langkah ini diikuti program untuk memperbaharui dan meningkatkan kompetensi dan kapabilitas, baik di level individu, level unit organisasi, dan level organisasi secara keseluruhan,” jelas Ardan.

Selain itu, Ardan mengungkapkan dalam rangka menjadikan BPKP sebagai organisasi yang adaptif terhadap tuntutan tugas dan tantangan jaman, proses bidding jabatan pada periode berikutnya tidak hanya diperuntukkan bagi jabatan Kepala Perwakilan, namun juga bagi posisi Direktur dan Kepala Pusat.

Berkaitan dengan aktivitas pengawasan intern, Ardan mengungkapkan akan segera diberlakukan standar kerja yang sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2008, meliputi standar kerja audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan pembimbingan serta konsultasi. Diharapkan seluruh aktivitas pengawasan intern akan mempunyai ukuran kualitas dalam rangka menghasilkan pengawasan intern yang lebih berkualitas.

Dalam kesempatan ini, Ardan juga mengingatkan kepada para pejabat struktural agar menggunakan hak pilih dalam Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif dengan memperhatikan pedoman-pedoman yang ditetapkan Pemerintah terhadap aparatur sipil negara. Menutup sambutannya, Ardan memberikan apresiasi kepada para pejabat struktural, baik di pusat dan daerah, yang telah menunjukkan kapabilitasnya dalam pencapaian hasil pengawasan yang diperlukan oleh stakeholder.



Share      

Berita Terkait:

17 Juni 2019 15:36:42 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Silaturahim untuk Penguatan Kompetensi Pengawasan
17 Juni 2019 13:34:52 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Kaltim Peduli Bencana Banjir
11 Juni 2019 15:30:28 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Refleksi 36 Tahun Perjalanan BPKP
11 Juni 2019 15:29:29 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Menutup Kemeriahan HUT ke-36 BPKP
29 Mei 2019 13:09:32 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Peranan Inspektorat dalam Audit PKKN dan Pemberian Keterangan Ahli