Ngobrol Strategi Penguatan Dua Pilar Akuntabilitas

Tak kalah spesial dari panel sebelumnya, diskusi dimoderatori oleh Direktur Utama TVRI Helmy Yahya. Diskusi yang  berjalan cair dan interaktif tersebut diisi narasumber yang terdiri dari Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Mayerfas, Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ilyas Asaad, Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmah Djalilah, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) Sudirman Bungi. Dari diskusi tersebut, peserta mendapat referensi untuk mengimplementasikan SPIP dan meningkatkan kapabilitas APIP guna mendorong pencapaian target organisasi. Dua hal yang dapat digarisbawahi dari paparan para narsumber adalah optimalisasi sistem informasi dan penilaian risiko yang masih harus digalakkan.

Adapun terkait tantangan yang dihadapi dalam menjalankan tata kelola dan pengawasan, Kepala BPKP Ardan Adiperdana berpesan saat menutup acara, agar hal tersebut bisa dihadapi di tahun-tahun berikutnya demi berkontribusi pada kesejahteraan rakyat. Ardan pun kembali mengingatkan fokus pemerintahan saat ini yang sangat concern terhadap akuntabilitas program. “Apabila program-program tersebut terwujud, akuntabilitasnya terjaga, tentunya hasil-hasil pembangunan ini akan berkelanjutan. Sustain untuk kesejahteraan rakyat,” jelasnya.

Mengakhiri Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2019, Ardan mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif juga arahan dari para Menteri dan paparan narasumber terkait akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan.

(Tim Humas Pusat)