Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Penutupan Kegiatan Coaching Clinic SAKIP dan LPPD di Lingkup Pemkab Gorontalo
19 Maret 2019 08:57:59 / gorontalo / dibaca: 3427 kali / Kat: MOU, Kerjasama

Gorontalo (14/3) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menghadiri sekaligus menutup kegiatan Coaching Clinic SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah)  dan LPPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang dilaksanakan di Ruang Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo yang diwakili oleh Korwas Bidang APD Glenn Davies Siwu mengatakan Kabupaten Gorontalo (Kabgor) adalah kabupaten tertua di Gorontalo. Oleh karena itu, diharapkan Kabgor tidak akan kalah dengan kabupaten baru yang ada di Gorontalo. Glenn memotivasi seluruh jajaran Pemkab. Gorontalo agar SAKIP dan LPPD daerahnya bisa mendapatkan predikat BB.

“Kita paham bersama Kabupaten Gorontalo adalah tertua di Gorontalo, jadi diharapkan agar SAKIP dan LPPD di Kabupaten Gorontalo bisa mendapatkan predikat BB,” ujar Glenn.

Dalam sambutannya, Bupati Nelson Pomalingo mengatakan bahwa Kabupaten Gorontalo telah bertekad untuk meraih predikat BB pada penilaian SAKIP yang akan datang. "Saat ini, SAKIP Kabupaten Gorontalo masih pada predikat B dengan nilai 64,74.  Predikat B ini telah kita raih selama dua tahun berturut turut. Ke depannya diupayakan dapat meningkat menjadi BB, begitu pula untuk penilaian atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD). Tahun lalu, Kabupaten Gorontalo masuk peringkat 50 besar nasional dengan nilai 3.296 predikat sangat tinggi. Tahun kita targetkan untuk masuk dalam 20 besar nasional yang hasilnya akan diumumkan pada Hari Otonomi Daerah tanggal 25 April 2019," ungkap Nelson.

Terdapat delapan area perubahan pada reformasi birokrasi yang akan disasar, salah satunya adalah peningkatan akuntabilitas kinerja dan kualitas pelayanan publik. Predikat atau penghargaan yang telah kita peroleh selama ini, bukanlah tujuan akhir kita, melainkan kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Gorontalo. ”Manajemen kinerja sebagaimana saya sebutkan tadi, merupakan sebuah sistem di mana, antara unsur yang satu dengan yang lain saling terkait. Jadi keberhasilan sangat di tentukan oleh komitmen sangat tinggi dari segenap komponen Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo,” lanjut Nelson Pomalingo.

Nelson berharap semua Kepala Perangkat Daerah dan jajarannya segera melakukan pembenahan, mengambil langkah-langkah korektif pada masing masing unit kerja sehingga apa yang menjadi tujuan dari reformasi birokrasi bisa terwujud. Dalam kegiatan itu dilaksanakan juga penandatangan kerjasama (MOU) antara Perwakilan BPKP Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo. Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo yang di wakili oleh Korwas APD Glenn Davies Siwu. (HumasBPKPGorontalo)



Share      

Berita Terkait:

18 September 2019 10:17:56 / jabar1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Pengembangan Manajemen Pemda pada Pemkab Bandung
19 Agustus 2019 08:21:17 / malut1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
MoU Transaksi Non Tunai antara BPKP dan PemKab Sula
13 Agustus 2019 16:34:13 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Kalan BPK RI Provinsi Kaltim Kunjungi Kantor BPKP Kaltim
13 Agustus 2019 08:43:50 / riau1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Pemkab Rohul Maksimalkan Pengelolaan Pemda dengan SIMDA Integrated BPKP
09 Agustus 2019 08:44:50 / kalteng1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Penandatangan MoU Penggunaan Gedung BPN sebagai Kantor Sementara BPKP