Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Inspektorat Kab. Gunungkidul Dalami PPBR dan Audit Kinerja
15 Maret 2019 09:21:36 / diy1 / dibaca: 168 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Gunungkidul (12/3) - Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta terus melakukan pendampingan peningkatan kapabilitas APIP di wilayah kerjanya. Bertempat di Aula Kantor Inspektorat Kabupaten Gunungkidul, dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapabilitas APIP. Bimtek diikuti seluruh auditor (PFA) pada Inspektorat Kabupaten Gunungkidul dan dihadiri juga oleh Sekretaris Inspektorat Gunungkidul Nanik Mulyani. Bimtek berlangsung selama tiga hari dengan narasumber Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang P3A Perwakilan BPKP DIY Sunarto dan Pengendali teknis Sidik Wardaya.

Sunarto menyampaikan bahwa Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko (PPBR) di Inspektorat Kabupaten Gunungkidul telah dilaksanakan dengan baik, hanya tinggal melanjutkan dengan audit kinerja.

Materi yang disampaikan pada bimtek kali ini adalah refresh tentang PPBR dan audit kinerja. “Sebenarnya audit kinerja bukan hal yang benar-benar baru untuk teman-teman Inspektorat. Pemeriksaan reguler yang telah dilakukan selama ini, salah satu aspek yang diperiksa adalah aspek tugas dan fungsi. Aspek inilah yang akan diperiksa pada audit kinerja,” ujar Sidik Wardaya mengawali paparannya.

Evaluasi atas Kapabilitas APIP Inspektorat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2018 menghasilkan level 2+. Elemen yang masih perlu perbaikan terdapat pada elemen 2 (SDM) dan  elemen 3 (Praktik Profesional),  khususnya untuk audit kinerja dan Management Oversight (MO). Bimtek ini bertujuan untuk menambah bekal auditor Inspektorat melaksanakan audit kinerja pada OPD yang dijadwalkan pada bulan April 2019. Bimtek ini adalah upaya perbaikan elemen 2 dan 3, yaitu mempersiapkan audit kinerja yang akan dilaksanakan sekaligus untuk peningkatan kemampuan SDM.

Kesempatan bimtek ini digunakan oleh para peserta untuk berdiskusi dan menanyakan hal-hal yang masih perlu penjelasan lebih lanjut. “Saya yakin dengan kemampuan para auditor Inspektorat Kabupaten Gunungkidul untuk melaksanakan audit kinerja dan yakin bahwa pada kesempatan berikutnya kapabilitas APIP kabupaten Gunungkidul akan mencapai level 3,” demikian tutup Sidik pada hari itu.

(Humas BPKP DIY/@ni)



Share      

Berita Terkait:

13 Maret 2019 14:59:13 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Tekad Pemkab Indragiri Hilir Raih Kapabilitas APIP Level 3
12 Maret 2019 10:02:40 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Percepatan Pencapaian Kapabilitas APIP Level 3
07 Maret 2019 10:03:40 / ntb1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Kapabilitas APIP Inspektorat Provinsi NTB Lulus Level 3
04 Maret 2019 08:07:16 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP DIY Mendorong Peningkatan Level Kapabilitas APIP Gunungkidul
15 Pebruari 2019 10:53:35 / gorontalo / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP Gorontalo Jembatani Pencapaian Kapabilitas APIP Level 3