Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Kabupaten Purworejo, Pertama Implementasikan SIMDA SAKIP
15 Maret 2019 08:40:31 / diy1 / dibaca: 118 kali / Kat: SIMDA

Kebumen (13/3) - Dalam rangka peningkatan akuntabilitas keuangan dan kinerja, Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Diseminasi Implementasi SIMDA SAKIP di Kabupaten Purworejo.  Peserta diseminasi sebanyak 100 orang, terdiri dari kepala perangkat daerah pada sekretaris daerah, dinas, badan, kantor, kecamatan, didampingi Kasubbag Perencanaan dan Pelaporan. Diseminasi yang dilaksanakan Ruang Arahiwang Kabupaten Purworejo tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo mewakili Bupati Purworejo. Turut hadir, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Kepala Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta, Koordinator Pengawas Bidang P3A Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta, Koordinator Tim SAKIP Daerah, pimpinan perangkat daerah, Tim SAKIP OPD, dan Tim SAKIP di wilayah Kabupaten Purworejo.

Diseminasi bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pedoman sebagai acuan bagi perangkat daerah dalam menyusun pelaporan agar terwujud integrasi antara sistem perencanaan, sistem penganggaran, dan sistem manajemen kinerja, serta pengelolaan keuangan daerah. Diseminasi ini sekaligus sebagai media menyampaikan informasi kepada perangkat daerah bahwa mulai tahun 2019  juknis pelaksanaan SAKIP sudah menggunakan aplikasi SIMDA SAKIP.

Dibuka oleh Sekda Kabupaten Purworejo Said Romadhon, Said mengucapkan terima kasih kepada BPKP yang sebelumnya telah memfasilitasi implementasi integrated planning and budgeting. Implementasi telah berhasil dan kini masih ditambah bonus berupa hibah sistem dan pelatihan SIMDA SAKIP untuk pelaporan kinerja.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah perlunya sinkronisasi dan komitmen bersama seluruh kepala perangkat daerah dan tim Kabupaten Purworejo. Terkait penyusunan LAKIP 2018, masih banyak kekurangan dalam pengungkapan data dan informasi capaian kinerja pemerintah daerah, seperti belum menggambarkan integrasi antara sistem perencanaan pembangunan, sistem pembangunan, penganggaran, dan sistem akuntabilitas kinerja. Oleh karena itu, belum sepenuhnya menggambarkan penggunaan APBD tahun 2018. Tahun 2019 diharapkan seluruh perangkat daerah telah mengimplementasikan e-performance based budgetting yang dikembangkan BPKP.

Sebagai narasumber, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Gatot Darmasto menyampaikan bahwa SIMDA SAKIP merupakan salah satu produk BPKP, selain dari SIMDA Keuangan, SIMDA Pendapatan, SIMDA Gaji, SIMDA BMD, dan SIMDA Perencanaan. Selain itu, ada juga Siskeudes yang telah digunakan di desa-desa di Kabupaten Purworejo. Hampir seluruh produk BPKP sudah diterapkan di Purworejo. Kabupaten Purworejo merupakan Pemerintah Daerah (Pemda) pertama yang mengimplementasikan SIMDA SAKIP setelah piloting di empat daerah.  Hasil SIMDA Purworejo tersebut telah ditayangkan pada ASEAN Meeting di Denpasar, begitu juga pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern mendatang.

Gatot juga mengungkapkan poin utama dalam pemerintahan adalah akuntabilitas keuangan dan akuntabilitas kinerja. Tercapainya akuntabilitas keuangan melalui pengelolaan keuangan negara yang optimal akan menghasilkan opini WTP. Sedangkan akuntabilitas kinerja yang optimal, akan menghasilkan WBK dan WBBM. Jika keduanya terpenuhi, maka akan tercapai tujuan utama pemerintahan, yaitu good government.

Dalam pengelolaan keuangan diperlukan tiga lapis pertahanan, yaitu melalui SPIP level 3, pengawalan oleh APIP dengan level kapabilitas 3, serta akuntabilitas kinerja yang ditunjukkan dengan nilai SAKIP. Hal lain yang disampaikan oleh Gatot di antaranya terkait manajemen risiko di masing-masing OPD yang perlu ditingkatkan sebagai dasar pelaksanaan perencanaan berbasis risiko oleh APIP.

(Humas BPKP DIY/ros)



Share      

Berita Terkait:

13 Maret 2019 15:22:20 / kepri1 / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Wujudkan Perencanaan Daerah yang Terintegrasi di Kabupaten Karimun
12 Maret 2019 08:32:53 / gorontalo / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Lima Upaya Peningkatan Manajemen Pemkab. Gorontalo Utara
05 Maret 2019 11:32:20 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Kepulauan Selayar Launching Aplikasi SIMDA Perencanaan
26 Pebruari 2019 11:11:33 / gilang / dibaca: kali / Kat: SIMDA
BPKP dan Kementerian PAN RB Luncurkan SIMDA SAKIP
21 Pebruari 2019 09:46:01 / gorontalo / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Pelatihan Penginputan ASB pada SIMDA Perencanaan di Pemda Boalemo