Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Diklat Audit Kinerja Inspektorat Kabupaten Maros
13 Maret 2019 15:14:30 / sulsel1 / dibaca: 2239 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Maros (11/3) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Arman Sahri Harahap didampingi Sekretaris Inspektorat Kabupaten Maros Amiruddin menghadiri pembukaan Diklat Audit Kinerja Pemerintah Daerah bagi pejabat fungsional di lingkungan Inspektorat Kabupaten Maros di Balai Pengelola Diklat BPKP Sulsel. Diklat diikuti oleh 30 orang peserta dan akan dilaksanakan selama 5 hari. 

Di awal sambutannya, Amiruddin menyampaikan bahwa dari 30 orang peserta diklat, sebanyak 14 orang adalah P2UPD yang baru diangkat melalui proses inpassing. Ungkapan terima kasih dan penghargaan kepada Perwakilan BPKP Sulsel atas kerjasama yang baik dalam rangka peningkatan kapabilitas APIP, khususnya Inspektorat Kabupaten Maros. "Semoga dengan pelaksanaan diklat ini, apa yang disampaikan para instruktur dapat diterapkan di Kabupaten Maros," ujar Amiruddin.

Dalam arahannya sekaligus membuka secara resmi diklat tersebut, Kepala Perwakilan Arman Sahri Harahap menyampaikan bahwa peserta diklat ini akan menjadi ujung tombak Inspektorat Kabupaten Maros dalam melaksanakan penugasan audit kinerja. RPJMN Tahun 2015-2019 memberi amanat bahwa pada akhir tahun 2019, Kapabilitas APIP 85% berada pada level 3 di mana salah satunya APIP dapat melaksanakan  audit kinerja.

Dengan audit kinerja, diharapkan APIP mampu menilai aspek 3E, yaitu efektivitas, efisiensi, dan keekonomisan suatu program. Di Indonesia baru 4 Inspektorat yang sudah lolos dan dinyatakan level 3, yaitu Inspektorat Provinsi Yogyakarta, Inspektorat Kabupaten Sleman, Inspektorat Kabupaten Sidenreng Rappang, dan Inspektorat Provinsi NTB. Harapan BPKP ke depannya, di Provinsi Sulawesi Selatan jumlah inspektorat yang level 3 akan semakin banyak. Di samping itu, Arman juga berharap sekembalinya dari diklat ini para peserta dapat menerapkan ilmunya dalam penugasan dilapangan.

humas bpkp sulsel (tony sairdekut)

 



Share      

Berita Terkait:

03 Mei 2019 13:05:30 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembentukan Pengawasan Intern yang Profesional
29 April 2019 18:05:28 / sumsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Raih Penghargaan atas Perolehan Sertifikasi QIA Terbanyak
24 April 2019 15:39:24 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tingkatkan SDM Pegawai Lutim, BPKP Sulsel Selenggarakan Diklat Bendahara
09 April 2019 09:15:09 / kepri1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat PPBR, untuk Perencanaan Pengawasan yang Semakin Diandalkan
20 Maret 2019 08:12:21 / kalteng1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Kalteng dan Inspektorat Kab. Kobar Selenggarakan Workshop Audit Kinerja