Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Tingkatkan Akuntabilitas Keuangan, Sinjai dan Enrekang Harap Bantuan BPKP Sulsel
07 Pebruari 2019 09:23:35 / sulsel1 / dibaca: 1204 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Makassar (0102) - Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Selatan Arman Sahri Harahap didampingi Korwas Investigasi I, Korwas Investigasi II, Korwas APD I, dan Korwas APD II menerima kunjungan kerja Bupati Sinjai Andi Seto G. Asapa dan Bupati Enrekang Muslimin Bando.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sinjai Andi berharap BPKP dapat memberikan solusi dalam meningkatkan akuntabilitas keuangan di Pemerintah Kabupaten Sinjai.

Menanggapi keinginan tersebut, Arman siap memfasilitasi Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam mempersiapkan aparatnya menghadapi perubahan, mendorong pelaksanaan tata kelola keuangan daerah sesuai dengan peraturan yang berlaku, efisien, efektif, transparan, akuntabel, dan auditabel. Namun, untuk mewujudkan tata kelola yang baik disarankan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) sebagai tools yang dapat menyediakan database mengenai kondisi di daerah secara terpadu, baik dari aspek keuangan, aset daerah, aparatur daerah maupun pelayanan publik, yang dapat digunakan untuk penilaian kinerja instansi pemerintah daerah.

Dilanjutkan Arman, dengan menggunakan Simda tersebut pemerintah daerah dapat menghasilkan informasi yang komprehensif, tepat, dan akurat kepada manajemen pemerintah daerah. Selain itu, informasi ini pula dapat digunakan sebagai bahan dalam proses pengambilan keputusan.

Sementara itu, hadir pula Bupati Enrekang Muslimin Bando disela-sela kunjungan tersebut. Kunjungan Muslimin kali ini merupakan yang pertama pasca dilantiknya kembali menjadi Bupati Enrekang untuk kedua kalinya. Muslimin berharap BPKP segera melakukan asistensi atas penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang untuk mewujudkan akuntabilitas keuangan daerah yang berkualitas dalam mentransformasikan manajemen pemerintahan menuju pemerintahan yang baik dan bersih.

Senada dengan kesiapannya membantu Pemerintah Kabupaten Sinjai, Arman juga bersedia melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Enrekang menuju terwujudnya good governance. Keduanya merupakan amanah yang diberikan kepada BPKP sesuai dengan Peraturan Pemeritah nomor 192 Tahun 2014.

"Semoga BPKP dapat memberikan konstribusi untuk kemajuan Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai maupun Kabupaten Enrekang”, tutup Arman.

 

(humas-sulsel/ipL)



Share      

Berita Terkait:

21 Agustus 2019 10:55:56 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Beri Saran dalam RDP Pengawasan Pengelolaan Investasi
21 Agustus 2019 08:40:43 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Dinas Sosial dan PMD Kab. Kepahiang Implementasikan SIA BUM Desa
07 Agustus 2019 09:21:53 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Akuntabilitas Tata Kelola Keuangan dalam Aplikasi SIA BUM-Des
06 Agustus 2019 15:18:14 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Sulsel Kawal Pengelolaan Aset Desa
31 Juli 2019 10:50:50 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Reviu Tunggakan Tunjangan Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Sumatera Barat