Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Diklat Audit Investigatif di Inspektorat Provinsi Kalimantan Timur
30 Januari 2019 09:45:14 / kaltim1 / dibaca: 842 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Balikpapan (28/01) - Inspektur Provinsi Kalimantan Timur  M. Sa’ddudin mengatakan bahwa pelaksanaan Diklat Audit Investigasi untuk Auditor Inspektorat di wilayah Provinsi Kalimantan Timur ini merupakan salah satu langkah dalam menghadapi berbagai tantangan yang harus diselesaikan oleh Inspektorat di Wilayah Kaltim.

Hal tersebut disampaikan Inspektur Prov. Kalimantan Timur M. Sa'ddudin pada pembukaan Diklat Audit Investigatif untuk Auditor Inspektorat di wilayah Provinsi Kalimantan Timur di Hotel BlueSky Balikpapan. Diklat ini berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 28 januari sampai dengan 1 Februari 2019 yang diikuti oleh 30 Peserta dari Inspektorat Provinsi Kalimantan Timur, Inspektorat Kabupaten Berau, Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Inspektorat Kota Bontang.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Inspektorat Provinsi Kalimantan Timur yang berkolaborasi dengan Pusdiklatwas BPKP.

Pembukaan dihadiri oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi Iswan Elmi, Direktur HKP Bidang Investigasi BPKP Wasis Prabowo, Kepala Perwakilan BPKP Prov. Kalimantan Timur Adil Hamonangan Pangihutan, dan  Inspektur Prov. Kalimantan Timur M. Sa’ddudin

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh peserta, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Inspektur Provinsi Kalimantan Timur dan Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi.

Dalam sambutannya, M. Sa’ddudin mengatakan bahwa dalam penugasan yang berkaitan dengan penegakan hukum bidang tipikor, “Auditor inspektorat masih belum berani jika harus menjadi pemberi keterangan ahli di persidangan. Diharapkan nantinya ada kegiatan lanjutan berupa workshop Audit PKKN yang dapat meningkatkan kemampuan auditor inspektorat dalam menangani kasus-kasus korupsi”, ujarnya.

Sambutan disampaikan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi Iswan Elmi. Ia mengatakan bahwa ilmu audit investigatif adalah ilmu yang sangat langka dan dibutuhkan. Dalam kaitannya dengan pencegahan korupsi, Iswan berkata “Memang betul, audit investigatif adalah salah satu langkah represif. Namun dengan menguasai teknik-teknik audit invetigatif, kita dapat mengetahui titik-titik kritis di setiap kegiatan sehingga bisa melakukan pencegahan terhadap korupsi”.

Selesai sambutan, kegiatan pun dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta diklat oleh Iswan kepada perwakilan peserta dan diikuti oleh seluruh peserta.  Secara resmi, pembukaan diklat ditandai dengan ketukan palu tiga kali oleh Iswan.

Humas BPKP Kaltim - Lutfi Budiarto - Novi



Share      

Berita Terkait:

03 Mei 2019 13:05:30 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembentukan Pengawasan Intern yang Profesional
29 April 2019 18:05:28 / sumsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Raih Penghargaan atas Perolehan Sertifikasi QIA Terbanyak
24 April 2019 15:39:24 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tingkatkan SDM Pegawai Lutim, BPKP Sulsel Selenggarakan Diklat Bendahara
09 April 2019 09:15:09 / kepri1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat PPBR, untuk Perencanaan Pengawasan yang Semakin Diandalkan
20 Maret 2019 08:12:21 / kalteng1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Kalteng dan Inspektorat Kab. Kobar Selenggarakan Workshop Audit Kinerja