ToT QAIP, Bekal bagi APIP Tingkatkan Kualitas Pengawasan

Jakarta (28/01) – Selain Training for Trainers (ToT) for IACM Assessors, BPKP selenggarakan Training of Trainers (ToT) on Quality Assessment and Improvement Program (QAIP). Pelatihan ini dibagi ke dalam 2 batch, di mana batch pertama diselenggarakan selama 4 hari tanggal 28-31 Januari 2019 di Double Tree Hotel, Jakarta.

Terdapat dua pelatihan yang sedang berlangsung di penghujung bulan Januari ini, di antaranya Batch 2 ToT for IACM Assessors dan Batch 1 ToT on QAIP. Pelaksanaan ToT dibuka oleh Kepala Pusdiklatwas BPKP Djoko Prihandono yang didampingi oleh para narasumber, yaitu Raoul Menes dan Elizabeth Mac Rae.

QAIP didesain untuk menyediakan keyakinan memadai atas kegiatan audit internal yang dilaksanakan. ToT QAIP membekali para peserta hal-hal apa saja yang harus dikuasai oleh auditor untuk mengimplementasikan dan membangun program QAIP secara berkesinambungan, seperti pengetahuan tentang standar audit, prinsip dasar dan standar QAIP, prasyarat pengembangan QAIP, dan ongoing and periodic assessments.

Difasilitasi oleh Raoul Menes dari Menes Consulting Group, para peserta diajak menyelami profesi audit intern secara mendalam mulai dari kupas tuntas kerangka kerja IPPF. Para peserta yang tidak hanya berasal dari BPKP, secara antusias melayangkan pertanyaan selama sesi berlangsung mengingat QAIP merupakan hal baru bagi mereka. Peserta merupakan auditor di lingkungan BPKP, APIP K/L, dan pemerintah daerah.

 

(Tim Humas Pusat)