Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Peringatan Hari Pahlawan Nasional Christina Martha Tiahahu
08 Januari 2019 09:53:40 / maluku1 / dibaca: 1244 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Maluku (2/01) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku turut menghadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Christina Martha Tiahahu ke-201 Tahun 2019 yang bertempat di Monumen Christina Martha Tiahahu. Kegiatan dilanjutkan dengan Tabur Bunga di Dermaga Irian Lantamal IX Ambon.

 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua menyampaikan bahwa peringatan tersebut membangkitkan spirit perjuangan Christina Martha Tiahahu, seorang srikandi Maluku yang rela berkorban untuk emansipasi harkat dan martabat bangsanya. "Hari ini kita kobarkan lagi jiwa kabaresi Putri Nusalaut yang tak kalah di 201 tahun lalu bisa meruntuhkan keangkuhan penjajah hanya dengan bermodalkan tombak", ujar Zeth. Keberhasilan Martha Christina Tijahahu dalam melawan tirani kekuasaan dan monopoli ekonomi kolonial yang menyengsarakan dan memiskinkan rakyat Maluku adalah sebuah perjuangan luhur untuk membela kemanusiaan. Srikandi Maluku ini bangkit melawan penjajah untuk mempertahankan hak dan kedaulatan negerinya.

Lebih lanjut, dikatakan upacara peringatan ini menjadi momentum untuk setiap anak negeri agar merefleksi kebesaran jiwa sang pahlawan yang rela berjuang dan berkorban demi bangsanya tanpa pamrih. Zeth mengajak segenap jajaran pemerintah daerah/provinsi/kabupaten/kota bersama seluruh komponen bangsa, dan masyarakat Maluku untuk bersama-sama berjuang dan terus berkarya untuk mewujudkan Maluku yang rukun, religius, damai, sejahtera, aman, berkualitas, dan demokratis dijiwai semangat siwalima berbasis kepulauan secara berkelanjutan.

Upacara ini dihadiri oleh Pimpinan DRPD Provinsi Maluku, Forkompimda Maluku, Wali Kota Ambon, Pimpinan Instansi Sipil, TNI dan Polri, Para Latupati, Para Pimpinan Umat Beragama, Tokoh adat dan Tokoh Masyarakat Kota Ambon.

 

HUMAS PROMAL



Share      

Berita Terkait:

19 Maret 2019 07:53:52 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pengambilan Sumpah PNS dan Pelantikan PFA Madya
15 Maret 2019 07:58:53 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pelantikan PFA Madya dan Pengambilan Sumpah PNS di Lingkungan BPKP
13 Maret 2019 08:36:18 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BAI BPKP DIY Peduli Korban Gempa
05 Maret 2019 11:23:44 / ntb1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Ingin Anak Anda Cerdas dan Istimewa? Ini Kiatnya!
27 Pebruari 2019 09:56:08 / gilang / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Kembali Gerakkan Kampanye Give Blood, Save Life