Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP Dukung Penerapan SPIP Bawaslu
03 Desember 2018 09:54:17 / diy1 / dibaca: 457 kali / Kat: SPIP

Yogyakarta (29/11) - Kepala Perwakilan BPKP DIY Slamet Tulus Wahyana mewakili Deputi Kepala BPKP Bidang Polhukam dan PMK memberikan sambutan dalam acara Sosialisasi SPIP, LHKPN, dan Gratifikasi bagi komisioner, kepala sekretariat dan bendahara pada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2018, bertempat di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta. Hadir dalam acara pembukaan, Ketua Bawaslu Abhan, para komisioner Bawaslu, Sekjen Bawaslu, Komisi II DPR RI, Auditor Utama BPK, dan pejabat Kementerian Dalam Negeri.

Dalam sambutannya, Tulus menyampaikan bahwa Bawaslu adalah Lembaga Penyelenggara Pemilu yang mengawasi penyelenggaraan pemilu di seluruh wilayah NKRI. Melihat pentingnya tugas tersebut, maka Bawaslu perlu menerapkan SPIP di seluruh unit kerja Bawaslu. Tulus mengapresiasi kegiatan dalam rangka penerapan SPIP di lingkungan Bawaslu. Salah satu target RPJM adalah tingkat maturitas level SPIP pada kementerian/lembaga dan pemda mencapai level 3 pada tahun 2019.

Hasil penilaian maturitas SPIP tahun 2017, Bawaslu berada pada level 2,517 (berkembang) dan pada November 2018 ini, BPKP sedang sedang melakukan penjaminan kualitas penilaian mandiri tingkat maturitas SPIP pada Bawaslu. Tulus berharap Bawaslu akan mencapai level 3 pada tahun 2019. Untuk mencapai target tersebut, BPKP sebagai Pembina SPIP siap membantu Bawaslu melalui kegiatan bimbingan teknis antara lain dalam rangka menyusun penilaian risiko.

Selain itu untuk meningkatkan kapasitas SDM dan kapabilitas APIP pada setiap K/L, BPKP juga melakukan pendampingan dan penilaian atas kapabilitas dari personil APIP dengan metode IACM. Saat ini kapabilitas APIP Bawaslu berada pada level 2 penuh. Hal ini menunjukkan bahwa di dalam kegiatan pengawasannya, proses audit dilakukan secara tetap, rutin, dan berulang, sudah membangun infrastruktur, namun baru sebagian yang selaras dengan standar audit, dengan outcome mampu memberikan keyakinan yang memadai, proses sesuai dengan peraturan, mampu mendeteksi terjadinya korupsi.

Dalam Bulan November ini, BPKP sedang melakukan pendampingan dan penjaminan kualitas kapabilitas APIP Bawaslu agar levelnya dapat terus meningkat sampai mencapai level tertinggi yaitu APIP menjadi agen perubahan. Dalam kaitannya dengan pemilu 2019, BPKP akan secara komprehensif baik di tingkat pusat maupun perwakilan untuk merusmuskan dan melaksanakan kegiatan pengawasan dana pemilu pada setiap tahapan pemilu mulai tahap perencanaan kebutuhan dan penganggaran setiap tahapan, pelaksanaan pengadaan, sampai dengan pertanggungjawaban. Pada tingkat pusat, BPKP akan menyusun desain pengawasan berkoordinasi dengan K/L dan APIP terkait (Bawaslu, KPU, Polri) serta melakukan monitoring atas kegiatan pengawasan pada tingkat daerah.

 

(Humas BPKP DIY/ros)



Share      

Berita Terkait:

05 Nopember 2018 10:58:09 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Ekspos Hasil Penilaian Maturitas SPIP Kab. Pasaman Barat dan Kab. Sijunjung
01 Nopember 2018 10:05:57 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Bangun Koordinasi, Walikota Padang Panjang Sambangi BPKP Sumbar
01 Nopember 2018 05:13:54 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
KODAM IV Diponegoro Bangun Manajemen Risiko Gandeng BPKP
26 Oktober 2018 14:17:59 / riau1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Bupati Kuansing Serahkan Hasil Self Assessment Maturitas SPIP Kepada Kaper BPKP Riau
15 Oktober 2018 09:13:12 / riau1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Capai Level 3 Maturitas SPIP, Bupati Kampar Bertekad Tingkatkan Kinerja Pemkabnya