Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP DIY Gali Peran Inspektorat Kabupaten Kebumen
03 Desember 2018 09:45:14 / diy1 / dibaca: 86 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Kebumen (28/11) - Perwakilan BPKP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah melakukan evaluasi kapabilitas APIP pada Inspektorat Kabupaten Kebumen. Terkait dengan langkah kerja evaluasi, tim melakukan wawancara dengan pengampu kepentingan (stakeholder). Bertempat di rumah dinas Wakil Bupati Kabupaten Kebumen, tim melakukan wawancara langsung dengan Wakil Bupati KH Yazid Mahfudz yang dalam tugasnya membawahi masalah pengawasan.

Wawancara dilakukan untuk menggali manfaat atau nilai tambah keberadaan inspektorat. Selain itu juga untuk mengetahui kadar kompetensi, kualitas kerja SDM, kekuatanInspektorat Kabupaten Kebumen menurut pandangan pimpinan pemda, harapan dan langkah langkah yang dilakukan pimpinan pemda untuk melaksanakan fungsi evaluasi/pengawasan terhadap Inspektorat Kabupaten Kebumen (management oversight).

Yazid menjelaskan bahwa keberadaan inspektorat sangat diperlukan dalam mengawal jalannya pembangunan agar tercapai target yang di tetapkan di awal tahun dan peningkatan tata kelola di tingkat OPD.  Kondisi terkini, jumlah sumber daya manusia pendukung pengawasan secara kuantitas kurang. Hal ini sudah diantisipasi dengan adanya formasi auditor sebanyak empat orang yang akan dipenuhi melalui penerimaan cpns tahun 2018. Sedangkan masalah peningkatan kompetensi diatasi dengan cara pengusulan diklat baik penjenjangan maupun substansi pada setiap penyusunan anggaran. Hal ini selalu dikomunikasikan kepada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Kebumen untuk penyiapan anggarannya. Yazid menuturkan, kekuatan inspektorat ada pada sang Inspektur yang memiliki integritas yang cukup bagus dan dipercaya oleh banyak pihak di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Kebumen.

Di akhir pertemuan, Yazid menjelaskan masalah Management Oversight. Management Oversight dilaksanakan oleh bupati, wakil bupati atau sekda dengan media langsung mewawancara inspektur. Namun belum didukung pedoman yang mengatur siapa, kapan dan bagaimana evaluasi atas kinerja Inspektorat dilaksanakan.

(Humas BPKP DIY/Cinta)



Share      

Berita Terkait:

28 Nopember 2018 17:24:38 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP Lakukan Repeat Assessment Level Kapabilitas APIP-nya
15 Nopember 2018 11:18:39 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Optimalisasi STAR untuk Dukung Inovasi Tata Kelola dan Pengawasan Keuangan
10 Nopember 2018 07:45:25 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Sosialisasi Pedoman Pengawasan Intern atas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
07 Nopember 2018 15:22:14 / dian_setyawati / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Optimalisasi Pembinaan JFA Dukung Kapabilitas APIP
01 Nopember 2018 05:24:03 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Workshop Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko