Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Pemerintah Daerah Libatkan BPKP Dalam mewujudkan Good Governance
02 Maret 2007 00:00:00 / ekobayong / dibaca: 1472 kali / Kat: Audit
Demikian antara lain dinyatakan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Hadi, saat berlangsung Forum Dialog di TVRI Stasiun Lampung beberapa waktu lalu.
Dalam Forum Dialog yang bertema Pengelolaan Keuangan Negara berlangsung selama satu jam tersebut, membahas berbagai masalah serta kegiatan dalam pengelolaan keuangan negara.
Menjawab pertanyaan kaitan dengan Peran Badan pengawasan keuangan dan Pembangunan (BPKP), Hadi menyatakan bahwa Peranan BPKP sejalan dengan Visi BPKP saat ini, yaitu Auditor Intern pemerintah yang proaktif dan terpercaya dalam mentransformasikan manajemen pemerintahan menuju pemerintahan yang baik dan bersih. Visi BPKP tersebut sejalan dengan apa yang sedang dituju oleh pemerintah dan pemerintah daerah saat ini.
Sebagai wujud nyata, BPKP Perwakilan Provinsi Lampung telah melaksanakan kegiatan pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan otonomi daerah yang meliputi pemberian pedoman, bimbingan, pelatihan, arahan, dan supervisi di bidang pengelolaan keuangan negara pada 9 dari 11 Pemerintah Daerah di Provinsi Lampung.
Artinya konsentrasi BPKP adalah bagaimana meningkatkan kualitas dan kemampuan pengelolaan keuangan daerah oleh masing-masing pemda, untuk itu jangan segan kalau memang pemerintah daerah membutuhkan bantuan, silahkan datang ke BPKP, tentunya kalau wilayang Lampung dapat dilakukan oleh BPKP Perwakilan Prov Lampung.
Namun demikian dalam hal membantu kejaksaan dan kepolisian, maka auditor juga akan ditugaskan untuk membantu penyidik dalam hal menetapkan kerugian negara.
Narasumber selain dari BPKP adalah Badan Pengawas Daerah Provinsi Lampung, Pengamat dan dari Lembaga Swadaya Masayarakat Lampung.(supratomo)


Share      

Berita Terkait:

08 Desember 2016 14:24:20 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Audit
Rakerwas APD: Sinergi Wujudkan Akuntabilitas Pemda
07 Desember 2016 07:51:18 / Reza / dibaca: kali / Kat: Audit
Wujudkan Keberhasilan Prestasi dan Administrasi Asian Games XVIII
08 Nopember 2016 15:33:41 / tine / dibaca: kali / Kat: Audit
Optimalkan Kualitas Manajemen Informasi Hasil Pengawasan
27 Juni 2016 23:56:00 / kalsel1 / dibaca: kali / Kat: Audit
Membumikan Siskeudes di Tanah Banua Bersama Dosen dan Mahasiswa ULM
03 Juni 2016 22:08:34 / nurjana / dibaca: kali / Kat: Audit
Validasi JKN 2015: Sebagian Besar Provinsi Cukup Berhasil