Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Ekspos Hasil Penilaian Maturitas SPIP Kab. Pasaman Barat dan Kab. Sijunjung
05 Nopember 2018 10:58:09 / sumbar1 / dibaca: 278 kali / Kat: SPIP

Padang (2/11) - Sebagai bagian dari rangkaian proses quality assurance atas penilaian maturitas SPIP, Wakil Bupati Pasaman Barat Yulianto dan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin Dt. Indo Marajo melakukan kunjungan dan koordinasi dengan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Danny Amanda di Kantor Perwakilan BPKP Sumatera Barat.

Jumat pagi, Wakil Bupati Pasaman Barat Yulianto tiba didampingi oleh Inspektur beserta Auditor Inspektorat Daerah. Kedatangan rombongan disambut oleh Kepala Perwakilan Danny Amanda beserta jajaran auditor di lingkungan BPKP Provinsi Sumatera Barat. Dalam sambutannya, Danny menyampaikan proses dan substansi dari penilaian maturitas SPIP, seraya mengungkap harapannya terkait hasil penilaian tersebut. “Kami sampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, atas kunjungan ke BPKP Sumbar berkaitan dengan ekspos hasil penilaian mandiri maturitas SPIP. Semoga pencapaian level 3, dapat diraih pada Tahun 2018 ini”, harap Danny.

Merespon harapan Kepala Perwakilan, Wakil Bupati Yulianto menyampaikan hal serupa. “Atas penilaian maturitas SPIP yang telah dilakukan oleh Inspektorat dan OPD terkait, semoga mendapat hasil terbaik. Tentu dengan dukungan, arahan, dan kerja sama dari BPKP. Dan ke depan, kami upayakan implementasi dan penilaian SPIP tidak dilakukan terhadap 13 OPD sample seperti saat ini, namun juga kepada seluruh OPD”, tegas Yulianto.

Sementara itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin Dt. Indo Marajo yang tiba Jumat siang, juga disambut secara langsung oleh Kepala Perwakilan beserta Auditor BPKP. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan mengapresiasi kunjungan Bupati. “Kami rasa kehadiran Kepala Daerah ke BPKP dalam rangka koordinasi dan ekspos terkait penilaian maturitas SPIP ini, merupakan representasi dari adanya tone at the top (keteladanan pimpinan) sekaligus pesan kuat bagi seluruh unsur di Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat bahwa pimpinan tertingginya memegang tanggung jawab atas implementasi SPIP, yang tentunya wajib diikuti oleh seluruh pegawai”, ujarnya.

Yuswir yang hadir bersama dengan Sekretaris Daerah, Inspektur, dan jajaran Inspektorat Daerah menuturkan harapannya agar dapat terus didampingi oleh BPKP dalam tata kelola pemerintahan, termasuk implementasi SPIP. “Semoga BPKP dapat terus mendampingi kami di daerah, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, sehingga memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat, termasuk dalam kaitannya dengan implementasi SPIP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung”, ungkap Yuswir.

Berkaitan dengan kunjungan dan koordinasi serta ekspos dari dua pemerintah daerah ini, Tim dari Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat akan mengikuti proses validasi terhadap hasil quality assurance terhadap penilaian mandiri maturitas SPIP. Hal ini dilaksanakan untuk menentukan hasil penilaian akhir maturitas SPIP. Proses validasi direncanakan berlangsung pada bulan November atau Desember mendatang.

 

Humas Sumbar – aRia, Rudi



Share      

Berita Terkait:

01 Nopember 2018 10:05:57 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Bangun Koordinasi, Walikota Padang Panjang Sambangi BPKP Sumbar
01 Nopember 2018 05:13:54 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
KODAM IV Diponegoro Bangun Manajemen Risiko Gandeng BPKP
26 Oktober 2018 14:17:59 / riau1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Bupati Kuansing Serahkan Hasil Self Assessment Maturitas SPIP Kepada Kaper BPKP Riau
15 Oktober 2018 09:13:12 / riau1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Capai Level 3 Maturitas SPIP, Bupati Kampar Bertekad Tingkatkan Kinerja Pemkabnya
05 Oktober 2018 07:10:53 / diy1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Klaten Gencar Implementasikan SPIP di Setiap Unsur Organisasi