Workshop Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko

Padang (24/10) - Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Workshop Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat yang dimulai tanggal 24 s.d 25 Oktober 2018, dihadiri oleh peserta dari Inspektorat Pemerintah Daerah di Wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Acara diawali dengan dibuka oleh Novizar selaku Ketua Pelaksana sekaligus Koordinator Pengawasan Program dan Pelaporan serta Pembinaan APIP (P3A) mewakili Kepala Perwakilan Danny Amanda. Novizar menyampaikan bahwa Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko adalah suatu keharusan, namun implementasinya masih belum memadai bagi APIP di wilayah Sumatera Barat sehingga menghambat upaya peningkatan  untuk mencapai Kapabilitas APIP level 3. “Selama ini penugasan dan temuan APIP selalu sama dari tahun ke tahun,” ungkap Novizar.

Hasil yang diharapkan dari terselenggaranya Workshop ini adalah Aparat Pengawasan Pemerintah Daerah (APIP) dapat menyusun dokumen Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko. Diharapkan dengan menerapkan perencanaan pengawasan risiko, penugasan APIP dapat lebih fokus pada risiko yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga dapat melihat permasalahan-permasalahan di OPD dengan lebih dalam.

 

(Humas BPKP Sumbar - Rudi)