Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Capai Level 3 Maturitas SPIP, Bupati Kampar Bertekad Tingkatkan Kinerja Pemkabnya
15 Oktober 2018 09:13:12 / riau1 / dibaca: 360 kali / Kat: SPIP

Bangkinang (11/10) - Pemerintah Kabupaten Kampar telah menunjukkan komitmennya terhadap peningkatan akuntabilitas tata kelola melalui implementasi SPIP. Capaian Maturitas SPIP Level 3 Menjadi ‘Cambuk’ bagi Bupati Kampar beserta jajaranya untuk lebih meningkatkan lagi kinerja Pemkabnya menuju masyarakat yang religius, beradat, berbudaya dan sejahtera. 

”Penghargaan Maturitas SPIP level 3 ini bukan saja mendatangkan kebahagiaan bagi Pemerintah Kabupaten Kampar, tetapi ini merupakan tantangan sekaligus ‘cambuk’ bagi kita untuk lebih memajukan Pemerintah Kabupaten Kampar sesuai dengan aturan yang telah kita disepakati bersama,”demikian disampaikan Bupati Kampar Aziz Zaenal di hadapan sekitar 300 peserta yang terdiri dari para Kepala OPD, para Asisten, Camat dan Lurah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar ketika Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin serahkan Laporan Hasil Quality Assurance (QA) atas Penilaian Tingkat Maturitas Penyelenggaraan SPIP (Self Assessment) Pemerintah Kabupaten KamparTahun 2017, Kamis (11/10/2018) di aula Kantor Bupati Kampar di Bangkinang.

Bupati Kampar Aziz Zaenal mengatakan bahwa pencapaian Level 3 SPIP ini merupakan wujud nyata dari komitmen Pemerintah Kabupaten Kampar yang telah ditandatangani Bupati Kampar bersama Kepala Perwakilan BPKP Perwakilan Riau di Aula Pertemuan, Komplek Perkantoran Bupati Kampar, Bangkinang pada 23 Agustus 2017 lalu. http://www.bpkp.go.id/berita/read/18422/0/Kab-Kampar-Berkomitmen-Tingkatkan-Level-Maturitas-SPIP-dan-Kapabilitas-APIP.bpkp

Dikatakan Aziz, pencapaian ini sangat bernilai mengingat baru empat Pemda dari 13 Pemda se-Riau yang berhasil mencapai Level 3 Maturitas SPIP. “Kami bangga serta bersyukur bahwa kami adalah satu dari empat di Provinsi Riau itu. Untuk itu, kami bertekad untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan lebih mengoptimalkan sistem dan SDM yang ada di lingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Kampar,” demikian dinyatakan Aziz Zaenal.

Untuk itu, Bupati Kampar Azis Zaenal mengucapkan terima kasih kepada Inspektorat dan Tim Satgas SPIP Pemkab Kampar yang telah bekerja keras untuk pencapaian itu. Terima kasih juga disampaikan kepada BPKP, yang telah mendorong dan memberikan arahan serta bimbingan teknis kepada Satgas SPIP Pemerintah Kabupaten Kampar, sehingga tujuan tercapainya pemenuhan karakteristik maturitas penyelenggaraan SPIP Level 3 atau “Terdefenisi” dapat terwujud.

“Ini merupakan bentuk komitmen kita bersama dalam mewujudkan Good Governance and Clean Governance dengan membenahi kinerja dalam mencapai visi dan misi Pemerintahan  Kabupaten Kampar”, ujar Bupati Kampar Azis Zaenal pagi itu.

Dalam kesempatan itu, Inspektur Kampar Muhammad menyampaikan tahap-tahap penilaian Level SPIP tersebut sejak monitoring pra penilaian pada Oktober 2017 sampai quality assurance (QA) dari BPKP Pusat yang hasilnya diperoleh pada April 2018 lalu.

Pencapaian SPIP Level Tiga tersebut, menurut Muhammad, merupakan perjuangan yang  cukup menguras tenaga dan pikiran, bahkan juga menuntut keikhlasan mengingat keterbatasan anggaran. Para pejabat dan pegawai Inspektorat bersama super assesor, para assesor dan para counter part di masing-masing OPD dan Bagian Setda yang menjadi sample penilaian maturitas SPIP ini bahu-membahu dalam memenuhi pengumpulan data dan segala persyaratan yang diperlukan. Namun, disadari Muhammad, bahwa “perjuangan” tidak hanya sampai di situ saja. “Kami merencanakan penilaian SPIP diperluas ke seluruh OPD yang lain, sehingga secara menyeluruh SPIP dapat diterapkan di Pemkab Kampar,” imbuh Inspektur Kampar itu.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin didampingi Korwas Bidang APD Sumirat pagi itu, selain menyampaikan laporan dengan surat pengantar Deputi PPKD, juga  memberikan apresiasi kepada Bupati Kampar berupa piagam penghargaan. Dikdik memberikan pesan kepada bupati agar senantiasa mempertahankan komitmen tersebut. Di samping itu, upaya menyelaraskan RPJMD Pemkab Kampar dengan RPJMN menjadi perhatian tersendiri bagi Kaper BPKP Riau itu. “Keselarasan tersebut adalah wujud kepedulian Pemkab Kampar akan capaian pemerintah secara nasional bernegara. Bukan saja sekadar capaian lokal daerah, tetapi juga capaian secara nasional. Mobilisasi capaian kinerja RPJMD Pemda yang selaras dengan RPJMN, dalam hubungan Pusat dan Daerah, itu lah yang menjadi keniscayaan untuk membangun bersama NKRI. Termasuk level SPIP dan APIP ini,” demikian disampaikan Dikdik Sadikin.

Sungguh pun telah mencapai Level 3 Maturitas SPIP, Kaper BPKP Riau, sesuai surat Deputi PPKD, mengingatkan Bupati Kampar akan beberapa hal yang perlu disempurnakan, atau disebut juga area of improvement (AOI), berupa peningkatan atau penguatan beberapa parameter sub unsur di dalam SPIP.

“Terkait dengan hal itu, kami menyarankan kepada Bupati Kampar untuk mengintruksikan Sekretaris Daerah dan Inspektur Kabupaten Kampar selaku Ketua Satgas SPIP dan Tim penilai untuk melakukan evaluasi penyelenggaraan SPIP Kabupaten Kampar secara berkala. Hal mana komitmen itu juga harus tergambar dengan anggaran yang mendukung kinerja Inspektorat”, ujar Kaper BPKP Riau.

Khusus, kepada Inspektur Kabupaten Kampar, Dikdik meminta agar menerbitkan laporan hasil penilaian maturitas SPIP (Self Assessment) sesuai dengan hasil QA yang telah dilakukan oleh BPKP.

Acara penyerahan hasil QA Maturitas SPIP tersebut juga dihadiri oleh para Asisten Pemerintahan Daerah Kabupaten Kampar, Inspektur Kabupaten Kampar Drs Muhammad M.Si serta para Camat, lurah dan para Kepala OPD dan para Satgas SPIP berikut Tim Assessor dan counterpart SPIP Pemerintahan Daerah Kabupaten Kampar.

Humas BPKP Riau - Setia Hadi Pranoto



Share      

Berita Terkait:

05 Nopember 2018 10:58:09 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Ekspos Hasil Penilaian Maturitas SPIP Kab. Pasaman Barat dan Kab. Sijunjung
01 Nopember 2018 10:05:57 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Bangun Koordinasi, Walikota Padang Panjang Sambangi BPKP Sumbar
01 Nopember 2018 05:13:54 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
KODAM IV Diponegoro Bangun Manajemen Risiko Gandeng BPKP
26 Oktober 2018 14:17:59 / riau1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Bupati Kuansing Serahkan Hasil Self Assessment Maturitas SPIP Kepada Kaper BPKP Riau
05 Oktober 2018 07:10:53 / diy1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Klaten Gencar Implementasikan SPIP di Setiap Unsur Organisasi