Koordinasi Evaluasi Kerja Sama BPKP DIY Dengan Setda Kabupaten Magelang

Magelang (10/10) - Kepala Perwakilan BPKP DIY Slamet Tulus Wahyana beserta Tim Evaluasi Kerja Sama Daerah berkesempatan mengunjungi Kabupaten Magelang. Kunjungan tersebut dalam rangka menyampaikan hasil Evaluasi Kerja Sama Daerah yang telah dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2018 dan berakhir pada 14 Agustus 2018. Bertempat di ruang rapat Setda, Kepala Perwakilan BPKP DIY beserta rombongan ditemui oleh Plt Setda Kabupaten Magelang, Endra E. Wacana. Pertemuan tersebut dihadiri pula oleh Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, Kepala Bagian Aset, perwakilan dari Bagian Tata Pemerintahan, Bagian Hukum, dan Inspektorat.

Evaluasi kerja sama daerah dilakukan pada empat aspek, yaitu evaluasi atas kebijakan, evaluasi atas kelembagaan, evaluasi atas proses manajemen, dan evaluasi atas kemanfaatan kerja sama. Atas hasil evaluasi tersebut, Kepala Perwakilan BPKP DIY memandang perlu untuk membahas langsung dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang dan instansi yang terkait penyelenggaraan kerja sama daerah pada Kabupaten Magelang

Pertemuan tersebut berisi penyampaian permasalahan dari hasil evaluasi dan rekomendasi yang diharapkan segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Magelang. Pemerintah Kabupaten Magelang melaksanakan kerja sama daerah yang menjadi amanat dari Undang Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah pasal 363 ayat (1) yang menyebutkan “Kerja sama daerah dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta saling menguntungkan, sehingga evaluasi kerja sama daerah tersebut memiliki kriteria setiap kerja sama daerah harus mempertimbangkan 3 hal, yaitu (1) bertujuan menyejahterakan rakyat, (2) memenuhi aspek efisiensi dan efektifitas pelayanan publik, serta (3) saling menguntungkan.

Beberapa permasalahan ditemui dalam evaluasi yang telah dilaksanakan, baik yang telah terjadi maupun yang berpotensi terjadi di waktu yang akan datang. Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang menyambut baik hasil evaluasi tersebut dan akan segera menindaklanjuti permasalahan yang disampaikan. Kehadiran instansi terkait kerjasama daerah pada pertemuan tersebut diharapkan sekaligus sebagai koordinasi untuk mempercepat proses tindak lanjut.

Pada pertemuan itu juga dibicarakan kerjasama antara BPKP dan Pemerintah Kabupaten Magelang baik yang telah berjalan maupun yang akan dilaksanakan. Kepala Perwakilan BPKP DIY memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Magelang yang telah mencapai level 3 maturitas implementasi SPIP maupun kapabilitas APIP.

 

Humas BPKP DIY - Ani