Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Workshop Telaah Sejawat Bagi APIP di Provinsi Kaltim
14 September 2018 07:13:03 / kaltim1 / dibaca: 2571 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Samarinda (13/9) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Adil Hamonangan Pangihutan mengatakan setiap Kepala Daerah memiliki visi dan misi yang ingin diwujudkan, tantangannya adalah bagaimana Kepala Daerah dapat mewujudkan visi dan misinya tanpa melanggar peraturan perundang-undangan.

Hal tersebut disampaikan pada saat membuka Workshop Telaah Sejawat Bagi APIP di Lingkungan Provinsi Kalimantan Timur yang diselenggarakan di Aula Kantor BPKP Kaltim. Banyak kasus yang menimpa pimpinan daerah seperti korupsi, masalah pengadaan barang dan jasa mengindikasikan APIP masih belum mampu menjalankan perannya dengan maksimal. Dalam hal ini peran APIP yaitu bisa memberikan dukungan informasi dan pengawasan yang optimal.

APIP diharapkan dapat memberikan early warning, mengingatkan, agar tidak terjadi penyimpangan di kemudian hari. Belum optimalnya kinerja APIP bisa dikarenakan masalah kelembagaan maupun masalah kapabilitas APIP itu sendiri. "Maka dari itu, menjadi PR kita bersama untuk dapat meningkatkan kapabilas APIP," tambah Adil.

BPKP selaku pembina APIP diberikan tanggung jawab untuk mendorong APIP menjadi semakin matang dan berdaya guna. BPKP akan terus berupaya mendampingi APIP daerah untuk bisa meningkatkan lebel kapabilitasnya. Salah satu langkahnya adalah melalui penyelenggaraan kegiatan workshop ini.

Telaah sejawat, seperti disampaikan oleh Harry Bowo selaku ketua panitia penyelenggara adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan dalam rangka meningkatkan level kapabilitas APIP menjadi level 3, karena dengan adanya telaah sejawat ini APIP dapat menilai dan dinilai oleh APIP lain dalam hal pelaksanaan kegiatan pengawasan dan kegiatan consulting.

 

Humas BPKP Kaltim - Lutfi Budiarto - Vivi



Share      

Berita Terkait:

12 Desember 2018 08:53:27 / papuabarat1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Rakorwasda Teluk Bintuni: Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Akuntabel Bersih dan Melayani
03 Desember 2018 09:45:14 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP DIY Gali Peran Inspektorat Kabupaten Kebumen
28 Nopember 2018 17:24:38 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP Lakukan Repeat Assessment Level Kapabilitas APIP-nya
15 Nopember 2018 11:18:39 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Optimalisasi STAR untuk Dukung Inovasi Tata Kelola dan Pengawasan Keuangan
10 Nopember 2018 07:45:25 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Sosialisasi Pedoman Pengawasan Intern atas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah