Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Penguatan SDM dalam Mendorong Maturitas SPIP Level 3 pada K/L
08 Agustus 2018 08:46:29 / adminkita / dibaca: 1036 kali / Kat: SPIP

Jakarta (7/8) – Kedeputian Pengawasan bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah (PPKD) Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) selaku koordinator pembinaan penyelenggaraan spip kembali menggelar workshop yang bertema Pedoman Penjaminan Kualitas/Quality Assurance (QA) Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Penjelasan Teknis Perka BPKP No. 4 Tahun 2016 tentang Pedoman Penilaian dan Strategi peningkatan maturitas SPIP. Workshop diselenggarakan selama tiga hari (7-9 Agustus 2018) dan diikuti oleh 45 peserta dari Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah bidang Perekonomian dan Kemaritiman serta Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) dan Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) BPKP di Kantor Pusat BPKP, Jalan Pramuka 33, Jakarta.

Workshop yang dibagi dua sesi ini dibuka oleh Direktur Pengawasan PPKD Wilayah I Adi Gemawan. Workshop yang dibagi dua sesi ini dibuka oleh Direktur Pengawasan PPKD Wilayah I Adi Gemawan. Adi mengatakan bahwa dengan workshop ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensi SDM  BPKP dalam mendorong peningkatan maturitas SPIP pada kementerian/lembaga hingga mencapai maturitas SPIP level 3. “Workshop ini juga diharapkan dapat menyegarkan kembali ingatan semua peserta, terutama yang berkecimpung di SPIP. Selain itu, agar peserta mengikuti perkembangan dalam melakukan pembinaan SPIP,” tambahnya.

Sebagai informasi, workshop sesi dua berikutnya akan digelar pertengahan bulan (14-16 Agustus) dengan peserta dari Kedeputian Polhukam dan PMK, PPKD, dan Akuntan Negara (AN). Workshop ini merupakan gelaran ketiga. Pertama, para koordinator pengawasan (korwas) dan pengendali teknis (dalnis) dari perwakilan BPKP di wilayah timur mengikuti workshop di Surabaya yang kemudian dilanjutkan dengan workshop gelombang kedua yang diikuti oleh para korwas dan dalnis Perwakilan BPKP wilayah barat di Kepulauan Riau pada awal Juni.

Capaian maturitas SPIP sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang ditargetkan sebanyak 85% instansi pemerintah mencapai level 3, di lapangan menunjukkan perubahan signifikan meski belum mencapai target yang diharapkan. Dengan adanya suplemen perka BPKP, assesor dapat lebih memiliki pemahaman mengenai gradasi parameter pengukuran serta contoh dokumen yang dimaksud dalam langkah pengujian parameter, sedangkan Pedoman QA, dapat memberikan pemahaman sistem dan prosedur baku yang dilakukan dalam rangka melakukan penjamiman kualitas atas assessment yang dilaksanakan baik yang dilaksanakan mandiri oleh instansi maupun APIP. 

(Humas BPKP Pusat)



Share      

Berita Terkait:

19 Pebruari 2019 15:10:04 / sultra1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
BPKP Sultra Fasilitasi Diklat SPIP BKKBN
19 Pebruari 2019 11:40:13 / diy1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kota Magelang Implementasikan SPIP
06 Pebruari 2019 09:39:20 / riau1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kaper BPKP Riau: Pengendalian itu Bukan Sekedar Hard Control, Tetapi Juga Soft Control
01 Pebruari 2019 09:25:47 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Percepatan Level 3 SPIP pada Pemda Se-Provinsi Bengkulu
01 Pebruari 2019 09:01:08 / bali1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
BPKP Bali Siap Dukung Bawaslu Terapkan SPIP