Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Workshop Aplikasi SISKEUDES di Kabupaten Bungo
10 Agustus 2018 09:21:18 / jambi1 / dibaca: 753 kali / Kat: SIMDA

Bungo (1/8) - Bertempat di Aula kantor Bupati Bungo, Perwakilan BPKP Provinsi Jambi bekerjasama dengan Pemkab.Bungo melaksanakan  workshop sistem tatakelola keuangan desa dengan aplikasi Siskeudes. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Bungo, dan dihadiri oleh Sekda Bungo, anggota Komisi XI DPR RI Elviana, Dirwas Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah III Iskandar Novianto, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi, Kapolres Bungo ,seluruh Kepala Desa dan Camat se-Kab Bungo.

Wakil Bupati Bungo Safrudin Dwi Apriyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama ini desa bukan lagi merupakan daerah yang terpinggirkan melainkan daerah yang harus ditingkatkan pembangunannya. Wakil Bupati mengapresiasi BPKP dan mengucapkan terimakasih akan terlaksananya acara ini, beliau berharap agar pengelolaan keuangan desa dapat dilaksanakan dengan transparan dan akuntabel.

Selanjutnya anggota DPR RI Komisi XI Elviana dalam paparannya menyampaikan bahwa seluruh anggota DPR RI wajib merealisasikan program-program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat ke masing-masing daerah salah satunya yaitu program-program di desa. Lebih jauh Ia menyampaikan bahwa terdapat 3 hal yang harus ditaati dalam pengelolaan dana desa yang baik yaitu adanya rencana kegiatan, harus ada kegiatannya, dan tertib administrasinya.

Dirwas PKD Wilayah III BPKP Iskandar Novianto menyampaikan bahwa untuk meningkatkan pengawalan akuntabilitas dana desa maka sangat tidak mungkin penyusunan laporan keuangannya dilakukan secara manual, sehingga dibutuhkan aplikasi yang bisa membuat laporan keuangan dana desa tersebut menjadi mudahdan akuntabel. BPKP berkontribusi dalam pengawalaan preventif akuntabilitas pengelolaan keuangan desa seperti memfasilitasi peningkatan kompetensi SDM  Pemda dan desa, melakukan bimbingan dan komunikasi peningkatan pengelolaan keuangan desa dan BUMdes, melakukan pengembangan pedoman bimbingan dan komunikasi pengelolaan keuangan desa dan aplikasi sederhana siskeudes dan SIA BUMdes, serta memberikan masukan kepada regulator (Kemenkeu, Kemendagri danKementrianDesa DD/TT Kab/Kota.

Selanjutnya, Kapolres Bungo yang dalam kegiatan tersebut diwakili oleh Kasat Binmas AKP Darmawan, menyampaikan tentang peran dan fungsi Kepolisian dalam pengelolaan dana desa antara lain melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaan dana desa yang  tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

 



Share      

Berita Terkait:

12 Desember 2018 11:08:51 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: SIMDA
SP2D Online membumi di 8 Pemda Sumatera Barat
03 Desember 2018 09:51:42 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Sistem Terintegrasi untuk Good Governance and Clean Government di Bengkulu
15 Nopember 2018 09:00:02 / sultra1 / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Akuntabilitas: Amanah dan Berkinerja Tinggi dalam Mengelola Keuangan Negara
15 Oktober 2018 08:25:47 / babel2 / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Kick Off Implementasi SIMDA Perencanaan (E-Planning) Pemprov Kepulauan Bangka Belitung
05 Oktober 2018 17:26:51 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Penguatan SPIP melalui SIMDA Perencanaan Terintegrasi