Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Membangun Kapabilitas Inspektorat Kota Balikpapan
11 Juli 2018 09:24:37 / kaltim1 / dibaca: 3282 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Menurut Kepala Perwakilan BPKP Prov. Kalimantan Timur hal yang terpenting adalah kemauan dari inspektorat untuk mengembangkan kemampuan, meskipun inspektorat belum pernah melakukan audit kinerja namun hal itu dapat dilakukan dengan learning by doing dan memang itulah yang harus dilakukan oleh inspektorat untuk meningkatkan kapabilitas.

Bimtek Peningkatan Kapabilitas APIPKepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur, Drs. Adil Hamonangan Pangihutan, MM, didampingi Korwas P3A, Harry Bowo beserta tim bimtek peningkatan kapabilitas APIP, melakukan kunjungan kerja ke Inspektorat Kota Balikpapan pada hari Selasa, 10 Juli 2018 yang disambut baik oleh Inspektur Kota Balikpapan, Hj. Dahniar, S.E., M.AP di ruang kerjanya.

Dalam kunjungan kerja ini Kepala Perwakilan yang juga  menjadi pembicara dalam rapat yang diadakan di Ruang Kantor Inspektorat. Materi yang dibahas dalam rapat tersebut adalah mengenai peningkatan kapabilitas APIP Inspektorat Kota Balikpapan menuju level 3 yang ditargetkan tercapai di tahun 2018 ini.

Rapat yang dihadiri oleh seluruh pegawai Inspektorat ini membahas mengenai langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan oleh inspektorat Kota Balikpapan agar dapat mencapai kapabilitas APIP level 3 secara penuh. Untuk diketahui saat ini kapabilitas APIP Inspektorat Kota Balikpapan berada di level 2 berdasarkan Quality Assurance yang dilakukan pada tahun 2017.

Inspektorat kota Balikpapan sudah mencanangkan Kapabilitas APIP Level 3 sebagai IKU mereka di Renstra 2018, hal itu menunjukkan komitmen dari inspektur untuk meningkatkan level kapabilitasnya. Inspektur berharap target tersebut dapat terpenuhi di tahun 2018 ini.

Kendala yang paling besar dihadapi oleh Inspektorat Kota Balikpapan adalah melaksanakan audit kinerja karena selama ini Inspektorat belum pernah melakukannya. Adil menanggapi bahwa BPKP siap mendampingi inspektorat dalam pemenuhan peningkatan kapabilitas APIP khususnya pelaksanaan audit kinerja yang memang merupakan hal baru untuk inspektorat. Demikian disampaikan oleh Inspektur Kota Balikpapan disela-sela rapat tersebut.

Menurut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur hal yang terpenting adalah kemauan dari inspektorat untuk mengembangkan kemampuan, meskipun inspektorat belum pernah melakukan audit kinerja namun hal itu dapat dilakukan dengan learning by doing dan memang itulah yang harus dilakukan oleh inspektorat untuk meningkatkan kapabilitas.

"Selain menambah ilmu audit kinerja, APIP di inspektorat juga harus menambah kompetensi pegawai dengan berbagai cara salah satunya dengan mengikuti sertifikasi profesi berskala international seperti CIA, CRMP, CFA, dan sejenisnya", tambah Kepala Perwakilan.

 

Humas BPKP Kaltim - Lutfi Budiarto - Hanny

 



Share      

Berita Terkait:

17 September 2018 15:49:07 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Peningkatan Transparansi Menuju Good Governance di Sumbar
14 September 2018 07:13:03 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Workshop Telaah Sejawat Bagi APIP di Provinsi Kaltim
06 September 2018 18:51:54 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Telaah Sejawat Antar APIP dan Penilaian Mandiri APIP Sulsel
04 September 2018 09:15:17 / sultra1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Kepala BPKP Sultra dampingi Kunker Menteri Keuangan
29 Agustus 2018 14:45:10 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
KPK dan BPKP Gelar Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP