Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Penilaian Mandiri Maturitas SPIP di Kabupaten Batang Hari
06 Juli 2018 07:37:30 / jambi1 / dibaca: 1078 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Batang Hari - Senin, (2 /7/2018), Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi, Nasmifida yang didampingi oleh Korwas Bidang APD menghadiri acara kegiatan penilaian mandiri maturitas SPIP Kabupaten Batanghari, bertempat diKantor Bupati Batang Hari. Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah, H. Bakhtiar, SP, dan dihadiri Inspektur Kabupaten Batang Hari, Mukhlis, staf ahli Setda serta para Kepala OPD beserta staff terkait.

Sebelum membuka acara, Sekretaris Daerah Kabupaten Batang Hari menyampaikan bahwa pemerintah daerah kabupaten Batang Hari berkomitmen untuk meningkatkan maturitas SPIP menjadi level 3 di tahun 2018 ini. Oleh karenanya Pemerintah Kabupaten Batang Hari sangat mengharapkan Perwakilan BPKP Provinsi Jambi melalui program dan kegiatan pengawasannya agar target ini terwujud.

Beberapa hal yang telah dilakukan oleh Pemda Kabupaten Batang Hari untuk meningkatkan Maturitas SPIP-nya antara lain: Keuangan Daerah berbasis IT, melaksanakan pengadaan barang dan jasa berbasis IT dan pelayanan perizinan berbasis IT

Pada kesempatan itu, dalam sambutannya kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi, memberikan apresiasi kepada Kabupaten Batanghari karena dapat merespon dengan cepat kegiatan bimtek yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 s.d 27 Maret 2018. Dengan adanya penilaian mandiri ini diharapkan pemerintah daerah dapat lebih proaktif dalam membangun infrastruktur SPIP, mensosialisasikannya, mengimplementasikannya dan mengevaluasinya secara berkala.

Dalam membangun, mensosialisasikan dan mengimplementasikannya diharapkan Sekretaris Daerah selaku Ketua Satgas SPIP dapat lebih berperan aktif dan demikian pula Inspektorat diharapkan dapat berperan aktif dalam memberikan masukan dalam pelaksanaan reviu terhadap SPIP tersebut.

Selanjutnya Kepala Perwakilan BPKP menyampaikan bahwa agar maturitas SPIP Kabupaten Batang Hari dapat mencapai level yang diharapkan, perlu segera dibangun Pedoman Penilaian Risiko dan peningkatan terhadap implementasi unsur informasi dan komunikasi.

Acara diakhiri dengan pengisian quesioner secara online dalam aplikasi self assessment SPIP oleh para ASN yang dipandu oleh tim dari Perwakilan BPKP Provinsi Jambi dan Pemda Kabupaten Batang Hari.

(Humas BPKP Jambi)

 



Share      

Berita Terkait:

19 September 2018 09:29:14 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Kawal Pengembangan Manajemen Risiko di Kodam XIV Hasanuddin
12 September 2018 09:45:46 / kalsel1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
100% Puskesmas di Banjarbaru Terapkan PPK BLUD
12 September 2018 08:05:57 / papuabarat1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Manokwari Fokus Tingkatkan Kompetensi Pengelola Keuangan
10 September 2018 09:09:48 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Dorong Strategi Pencegahan Fraud di Bengkulu
13 Agustus 2018 14:37:27 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Optimisme Implementasi SIA BUMDes di Kab Agam