Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Penguatan Kapabilitas APIP Melalui Probity Assurance and Advice
11 Juli 2018 09:36:40 / diy1 / dibaca: 575 kali / Kat: Sosialisasi

Kamis, 28 Juni 2018  Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta menyelenggarakan workshop Probity Assurance and Advice. Workshop ini diikuti oleh 30 peserta meliputi auditor dari Inspektorat Daerah Istimewa Yogyakarta, Inspektorat Kota Yogyakarta, dan Inspektorat Kabupaten Bantul. Kepala Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta Slamet Tulus Wahyana, dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kompetensi APIP dan memahami perannya dalam melaksanakan pencegahan korupsi, perwakilan BPKP DIY melaksanakan kegiatan dengan tema “Penguatan Kapabilitas APIP di DIY dalam upaya Pencegahan Korupsi  melalui Probity Assurance and Advice. Kegiatan ini diawali dengan workshop Pengadaan Barang dan Jasa, Fraud Risk Assessment, Fraud Risk Mapping dan diakhiri dengan workshop Probity Assurance and Advice.

Dalam workshop kali ini terdapat tiga narasumber yaitu Ashari Kurniawan, SH.MH.Li Kasi Penyidikan TP Khusus Kejati DIY dan Yuana Nurshiyam Koordinator Bidang Pidana Khusus Kejati DIY yang berkesinambungan menyampaikan materi “Peran Kejaksaan  Dalam Upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi”. Narasumber dari Kejati DIY juga menyampaikan substansi Nota Kesepahaman antara Kementerian Dalam Negeri dengan Kejaksaan RI dan Kepolisian Negara RI nomor 700/8929/SJ nomor KEP-694/A/JA/11/2017 nomor B/108/XI/2017 tentang Koordinasi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH) terkait Penanganan Laporan atau Pengaduan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, yang mengedepankan peran APIP dalam upaya pencegahan korupsi.

Narasumber berikutnya yaitu Agus Setiawan, auditor muda pada Deputi Investigasi BPKP Pusat, menyampaikan materi “Probity Assurance and Advice”. Dalam pemaparannya disampaikan bahwa korupsi pengadaan barang dan jasa disebabkan lemahnya manajemen pemerintahan; Lemahnya komitmen dan konsistensi penegakan hukum; Kurangnya keteladanan dan kepemimpinan bangsa; rendahnya integritas dan profesionalisme; Lemahnya keimanan, kejujuran dan rasa malu; Hilangnya nilai-nilai etika dan moral bangsa (KPK, 2005) sehingga dengan dilaksanakan probity assurance and advice diharapkan dapat meminimalisir adanya kebocoran pengadaan barang dan jasa.

Pada akhir workshop di sepakati oleh APIP se-DIY untuk berkomitmen melakukan pencegahan korupsi. Pada hari itu juga dilakukan pengukuhan Satuan Tugas Pencegahan Korupsi pada Inspektorat DIY, Inspektorat Kota Yogyakarta dan Inspektorat Kabupaten Bantul oleh masing-masing Inspektur dengan membacakan surat keputusan tentang pembentukan satuan tugas pencegahan korupsi.

Dengan terbentuknya satgas Pencegahan korupsi di masing-masing wilayah kota/kabupaten di DIY diharapkan akan mampu menjadikan DIY bebas dari korupsi.

(Humas DIY/Ans&Nik)



Share      

Berita Terkait:

14 Nopember 2018 12:00:23 / sakd1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
4 Fokus Pengawasan Kedeputian PKD Mengawal Akuntabilitas Pemerintah
14 Nopember 2018 08:48:42 / bali1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
BPKP Bali Gelar Sosialisasi Pedoman Pengawasan Intern PBJ Pemerintah
13 Nopember 2018 09:55:47 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Kaper BPKP Kalbar Sampaikan Peran BPKP dalam Pengelolaan Keuangan Daerah
13 Nopember 2018 09:40:36 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
BPKP SulSel Dorong Percepatan Pembangunan PSN di Kab. Wajo
12 Nopember 2018 15:22:44 / ayuisniii / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Pengarahan Calon ASN, Bekal Sebelum Mengabdi ke Seluruh Negeri