Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Tingkatkan Kapabilitas APIP melalui Telaah Sejawat
21 Mei 2018 22:07:56 / kaltara1 / dibaca: 1185 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Tarakan, Kamis (17/5) – Bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara jl. Yos Sudarso 34 Tarakan,  diselenggarakan acara Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP Melalui Telaah Sejawat Antar APIP Se-Provinsi Kalimantan Utara. 

Peserta workshop adalah para auditor pada inspektorat yang berasal dari seluruh pemerintah provinsi/kabupaten/kota se-Provinsi Kalimantan Utara dan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara.

Workshop dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara Alexander Rubi Satyoadi yang mengutarakan dalam sambutan pembukaan bahwa di era sekarang ini paradigma baru profesi internal auditor adalah sebagai “trusted partner”, dan bukan lagi paradigma lama yang hanya berperan sebagai watchdog saja. Oleh karena itu, internal auditor (APIP) harus selalu meningkatkan kapabilitasnya diantaranya dengan melakukan Telaah Sejawat yang harus dilakukan dalam tiga tahun sekali.

Hadir pada Workshop ini Inspektur Provinsi Kalimantan Utara, Inspektur Kabupaten Nunukan, dan Inspektur Kota Tarakan serta Inspektur Kabupaten Malinau.

Materi telaah sejawat sebagai penjaminan mutu audit disampaikan oleh korwas P3A Provinsi Kalimantan Utara. Diuraikan bahwa telaah sejawat sebagai pemenuhan atas harapan stakeholder dan pemenuhan standar audit.

Materi Kertas Kerja Telaah Sejawat diuraikan secara gamblang oleh Dalnis P3A Agus Dwiprijarto. Materi lain yang cukup menarik disajikan oleh Dheni Hardiyanto yaitu alat monitoring pemenuhan infrastruktur Kapabilitas APIP melalui teknologi Google yaitu melalui Google Sheet dan Google Drive. Melalui pemantauan secara berkelanjutan ini diharapkan progress peningkatan kapabilitas lebih optimal.

 (Humas Perw. BPKP Prov. Kaltara)

 



Share      

Berita Terkait:

22 Maret 2019 10:00:43 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Ngobrol Strategi Penguatan Dua Pilar Akuntabilitas
21 Maret 2019 16:33:17 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Inklusif, Tata Kelola Tanggung Jawab Bersama
21 Maret 2019 11:45:40 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah 2019, Pemerintah Semakin #NyataAkuntabel
15 Maret 2019 09:21:36 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Inspektorat Kab. Gunungkidul Dalami PPBR dan Audit Kinerja
13 Maret 2019 14:59:13 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Tekad Pemkab Indragiri Hilir Raih Kapabilitas APIP Level 3