Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Telaah Sejawat Guna Menjaga Mutu Hasil Audit APIP
14 Mei 2018 22:07:31 / malut1 / dibaca: 5406 kali / Kat: Audit

Ternate – Senin (14/5) Bertempat di Kantor Perwakilan BPKP Maluku Utara, telah dimulai kegiatan Telaah Sejawat Antar Inspektorat se-Provinsi Maluku Utara. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan amanat Pasal 55 Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa untuk menjaga mutu hasil audit Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) secara berkala dilaksanakan telaahan sejawat.

Kegiatan telaah sejawat ini akan berlangsung selama 5 hari kerja mulai dari tanggal 14 s/d 18 Mei 2018 yang difasilitasi oleh Auditor Bidang P3A dan dihadiri oleh Irban dan auditor dari Inspektorat Kabupaten Halmahera Utara, Inspektorat Kabupaten Halmahera Selatan, Inspektorat Kabupaten Halmahera Barat, Inspektorat Kota Tidore, dan Inspektorat Kota Ternate.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan acara oleh Indra Khaira Jaya selaku Kepala Perwakilan  BPKP Provinsi Maluku Utara sekaligus Ketua Umum DPW AAIPI  Provinsi Maluku Utara dengan didampingi oleh Aderial Adelis selaku Korwas P3A.

Dalam sambutannya, Indra menyampaikan Inspektorat adalah  bagian dari manajemen dalam pemerintah daerah yang menjalankan fungsi kontrol terutama yang berkaitan dengan akuntabilitas pemerintahan. Pada APIP lah antara lain disandarkan harapan masyarakat. Oleh karena itu inspektorat hendaknya selalu berbenah diri. Salah satunya dengan melakukan kegiatan telaah sejawat antar inspektorat.

Yang dimaksud dengan telaahan sejawat adalah kegiatan yang dilaksanakan unit pengawas yang ditunjuk guna mendapatkan keyakinan bahwa pelaksanaan kegiatan audit telah sesuai dengan standar audit. Dalam Pedoman Telaah Sejawat yang diterbitkan oleh AAIPI disebutkan bahwa telaah sejawat dilaksanakan setiap tiga tahun sekali oleh APIP terhadap APIP lainnya. Untuk menjaga independensi maka telaah sejawat tidak dilakukan secara resiprokal (saling telaah).

Librecht Nagara, Sekretaris Inspektorat Kabupaten Halmahera Utara dalam wawancara terpisah dengan tim humas BPKP Malut, mengungkapkan bahwa kegiatan semacam telaah sejawat ini sudah dilakukan antar Irban Kabupaten Halmahera Utara, namun pelaksanaannya tidak menyeluruh, hanya sebatas koordinasi saja yang tidak terdokumentasikan. Oleh karena itu Inspektorat Kabupaten Halmahera Utara menyambut baik acara telaah sejawat ini, yang mana baru pertama kali dilaksanakan di wilayah Provinsi Maluku Utara.

Lebih lanjut, Librecht menyampaikan bahwa kegiatan telaah sejawat ini penting untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan yang terdapat antara satu inspektorat dengan inspektorat lainnya terutama dalam hal penyusunan KKA, pedoman kerja audit, efisiensi dan efektivitas organisasi APIP agar dapat saling melengkapi. Librecht juga menyatakan apresiasinya kepada BPKP Maluku Utara yang telah memfasilitasi kegiatan ini dan berharap agar kegiatan ini rutin dilakukan.

Humas BPKP Malut (av15/didit)



Share      

Berita Terkait:

24 Oktober 2018 10:11:58 / suryo / dibaca: kali / Kat: Audit
Keynote Speech Kepala BPKP: Tentang Regulasi dan Inovasi
02 Juli 2018 15:20:41 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Audit
Sinergi Lintas Generasi Mewujudkan Kinerja Unggul Organisasi
06 Juni 2018 16:55:58 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Audit
Kabupaten Mentawai Sempurnakan 100% Opini WTP di Sumatera Barat
06 Juni 2018 16:53:11 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: Audit
Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Bengkulu Memperoleh Opini WTP
06 Juni 2018 09:08:12 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Audit
BPKP Peroleh Opini WTP Sepuluh Kali Berturut-Turut