Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP dalam Talk Show di TVRI Riau-Kepri
26 April 2018 07:44:42 / riau1 / dibaca: 470 kali / Kat: Sosialisasi

Menyambut HUT Ke-35 BPKP tahun 2018. BPKP Perwakilan Provinsi Riau gelar Talk Show live TVRI Stasiun Riau-Kepri. Sebuah upaya publikasi agar dua pilar pengawasan intern, Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP, menjadi kepentingan bersama semua elemen masyarakat di Bumi Lancang Kuning.

TVRI Stasiun Riau-Kepri menayangkan talk show bertema “Peningkatan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP Mengawal Birokrasi” pada Program Riau Cemerlang, pukul 15.00 WIB, Selasa (17/4/2018), yang tayang ke seluruh pelosok wilayah Riau.

Hadir sebagai narasumber Kepala Pewakilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin, bersama Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs.H Said Hasyim dan Wakil Bupati Pelalawan Drs H. Zardewan MM.

Dalam acara secara live dengan durasi satu jam itu, dengan dipandu pembawa acara Evi Lauri Shanti, Dikdik Sadikin antara lain menyampaikan pentingnya Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Kapabilitas APIP.

"SPIP tidak sekadar hard control, berupa dokumen pengendalian yang memang diperlukan. Tetapi lebih dalam dari itu sebagai pondasi, untuk menciptakan lingkungan pengendalian yang baik, adalah softcontrol,"  demikian dikatakan Dikdik Sadikin pada acara yang ditayangkan ke seluruh pelosok Riau dan Kepulauan Riau itu.

“SPIP sebagai proses yang terintegrasi guna meyakinkan secara memadai bahwa tujuan organisasi dapat tercapai, menjadi hal yang sangat penting. Dengan SPIP, dapat dibangun early warning systematau sistem peringatan dini. Sehingga segala permasalahan yang menjadi risiko menghambat pencapaian tujuan itu dapat terdeteksi secara dini dan dapat segera dibenahi.”

“Seiring dengan pentingnya softcontrol dalam SPIP,  maka niat para penyelenggara memiliki peran penting. Apabila niatnya sudah sejak awal tidak benar, kemudian niat itu diwujudkan dengan melakukan perbuatan yang melanggar aturan demi kepentimgan pribadi atau kelompoknya, maka konsekuensi ke depan harus siap diterima. Bahkan apabila sudah menjadi kasus hukum dan sampai ke tahap penyidikan, kami juga yang diminta aparat sebagai ahli untuk menghitung kerugian keuangan negara dan menjadi pemberi keterangan ahli di pengadilan. Maka, sejak awal kami katakan, dalam SPIP ini komitmen dan integritas khususnya pimpinan dan semua elemen di pemerintahan sebagai softcontrol, menjadi pondasi yang sangat penting. Mari kita jaga bersama,” ujar Dikdik menegaskan.

Lebih lanjut, Dikdik Sadikin mengatakan sistem pengendalian internal pemerintah dapat berjalan dengan baik, jika didukung dengan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) yang juga baik. “Dengan demikian, peningkatan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP menjadi dua hal penting dalam pengawasan intern, yang saling berkait, guna mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Diharapkan dua pilar itu dapat mengawal birokrasi dan akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.”

Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs.H Said Hasyim dalam acara ini memberikan apresiasi kepada BPKP atas sistem penilaian leveling pada maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP. “Hal ini dapat memberikan semangat dan mendorong Pemda untuk terus menjaga progres kinerjanya,” ujarn Said Hasyim.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Bupati Pelalawan Drs H. Zardewan MM. “SPIP dan APIP yang andal menjadi hal yang penting guna memastikan secara memadai bahwa proses dapat berjalan dengan baik menuju pada arah sasaran organisasi,” ujar Zardewan. “Dengan demikian, peningkatan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP sangat memerlukan komitmen yang tinggi, karena tanpa komitmen tidak mungkin level tinggi dapat tercapai”.

Baik Said Hasyim maupun Zardewan mengakui bahwa pencapaian level tiga kedua pilar pengawasan itu merupakan hasil kerja keras dan komitmen serta integritas dari semua elemen pemda dengan dibina oleh BPKP Perwakilan Provinsi Riau.

Atas semua upaya pengawalan di birokrasi dengan dua pilar itu, di akhir talk show, Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim dan Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan H. Zardewan menyampaikan apresiasi atas kontribusi BPKP selama ini dan mengucapkan selamat ulang tahun ke-35.

Tidak ketinggalan, Kepala Stasiun TVRI Riau-Kepri Syarifuddin, usai memfasilitasi acara talkshow tersebut menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke 35 kepada BPKP dan menyatakan kesediaan TVRI Stasiun Riau-Kepri untuk senantiasa mendukung publikasi on-air, agar pengawasan internal, khususnya Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP, dapat lebih membumi di Negeri Lancang Kuning itu.

 

(HUMAS BPKP RIAU  / Setia Hadi Pranoto)



Share      

Berita Terkait:

05 Juni 2018 03:24:29 / sakd1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Perlunya Sinkronisasi antar Satgas SPIP OPD untuk Capai Maturitas SPIP Level 3
25 Mei 2018 04:53:53 / puslitbang2 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Hasilkan Penelitian Berkualitas dan Tumbuhkan Budaya Berbagi Pengetahuan
11 Mei 2018 15:35:46 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Sosialisasi Reviu Pengelolaan Anggaran dan Penggunaan Dana Desa Triwulan I 2018 di Wilayah Sumbar
08 Mei 2018 08:24:38 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
BPKP Riau Sosialisasikan Pedoman Reviu Penyerapan Anggaran Kepada APIP Riau
23 April 2018 08:42:43 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Siap Hadapi Bencana, Siap Untuk Selamat!