Seminar Nasional Internal Audit 2018, Sarana Peningkatan Kualitas Auditor Internal Indonesia

Dalam rangka meningkatkan kualitas auditor internal di Indonesia, Yayasan Pendidikan Internal Audit  menyelenggarakan Seminar Nasional Internal Audit (SNIA) 2018 pada hari Rabu dan Kamis, 18 dan 19 April 2018 di Yogyakarta. SNIA 2018 ini mengambil tema “The Auditor of The Future: Trusted & Influencing Advisor”. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 700 orang auditor internal dari kalangan lembaga pemerintahan maupun swasta, bahkan, turut hadir pula auditor internal pemerintah dari Timor Leste.

Seminar ini menekankan pentingnya kepercayaan dalam profesi auditor internal dan pentingnya auditor internal memposisikan diri sebagai mitra kerja bagi manajemen atau lembaga negara.

Beberapa topik lain yang diangkat di dalam seminar ini di antaranya mengenai masa depan audit internal, risk management, internal control, corporate governance, dan anti-fraud. Pembicara seminar ini datang dari dalam dan luar negeri. Pembicara dari dalam negeri di antaranya Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo. Sedangkan pembicara dari luar negeri di antaranya Head of Internal Audit (Republic of Estonia) Helen Anijalg dan Phil Leifermann dari TeamMate Asia Pacific.

Hadir pula dalam acara ini Sekretaris Utama BPKP Dadang Kurnia, Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan Ernadhi Sudarmanto, Auditor Utama Maliki Heru Santosa, Auditor Utama Animaharsi, Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor Edi Mulia, Kepala Biro Perencanaan dan Pengawasan Slamet Hariadi, dan Kepala Biro Kepegawaian Achdiman Kartadimadja.

Sekretaris Utama BPKP, Dadang Kurnia memberikan materi mengenai “Peran Strategis Aparat Pengawasan Internal Pemerintah Menuju Pemerintahan yang Bersih dan Berkualitas” pada sesi Plenary 3 di hari kedua. Sesi ini dimoderatori oleh mantan Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan BPKP Binsar H. Simanjuntak. Hadir pula Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Daryanto.menjadi pemateri pada sesi ini.

Dalam acara ini, YPIA juga memberikan penghargaan kepada BPKP sebagai instansi yang memperoleh  Sertifikasi QIA Terbanyak Tahun 2017/2018. Tercatat sebanyak 44 orang dari BPKP memperoleh sertifikat Qualified Internal Auditor (QIA) pada periode 2017/2018 ini. Penghargaan ini diserahkan pada acara Gala Dinner di Pelataran Candi Prambanan pada malam Rabu, 18 April 2018.

(Humas BPKP Pusat)/glg