BPKP Bengkulu Dorong Peningkatan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP Level 3

Bengkulu (9/4) Guna mencapai Peningkatan maturitas SPIP dan kapabilitas APIP, Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu bersama APIP Se-Provinsi Bengkulu mengadakan rapat koordinasi dengan tema “Percepatan Implementasi SPIP dan Peningkatan Kapabilitas APIP menuju Level 3”.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu ini dihadiri oleh Asisten 2 Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Lebong, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepahiang, Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko, Sekretaris Daerah Kabupaten Kaur, dan Inspektur Se-Provinsi Bengkulu,serta Pejabat Fungsional Auditor Bidang APDPerwakilan BPKP Provinsi Bengkulu.

Asisten 2 Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Yuliswani, dalam sambutannya sekaligus membuka acara Rapat Koordinasi menyampaikan bahwa tujuan SPIP adalah menjalankan tugas dan fungsi secara efektif dan efisien, memiliki laporan keuangan yang andal, pengamanan aset daerah/negara, patuh terhadap peraturan perundang-undangan.

"Tugas kita saat ini adalah mencapai tujuan tersebut sehingga pengendalian intern kita pun baik. Saya berharap kita semua bisa bekerja sama dalam mencapai tujuan tersebut dan target level 3 penilaian maturitas SPIP tercapai," harapnya.

Sekretaris Daerah Bengkulu Tengah, Muzakir Hamidi, menyampaikan beberapa poin yaitu senantiasa berkoordinasi dengan BPKP untuk mencapai level 3 maturitas SPIP, berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk memahami level 1,2,3 maturitas SPIP, dan mengubah pola pikir menuju kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Bram Brahmana pada kesempatan itu menyatakan dukungannya terhadap APIP dan Pemerintah Daerah, agar bisa mencapai Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP level 3 pada tahun 2019. Bram Brahmana menyampaikan Perwakilan BPKP Bengkulu siap membantu pemerintah daerah merealisasikannya.

Rapat koordinasi dilanjutkan dengan mendengarkan pendapat dan saran masing-masing Sekretaris Daerah dan Inspektur daerah dari Provinsi dan tiap-tiap kabupaten/kota.

(Humas BPKP Bengkulu)