Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Coaching Clinic Guna Percepatan Peningkatan Kapabilitas APIP
16 April 2018 08:16:09 / sulsel1 / dibaca: 785 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Kapabilitas APIP menjadi salah satu fokus dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 dengan target sudah mencapai level tiga pada tahun 2019. Pada tahun 2018, Provinsi Sulawesi Selatan ditargetkan telah memiliki 16 Inspektorat di tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota telah berada di level tiga. Namun pencapaian hingga Triwulan I baru terdapat 1 Inspektorat yang berada di posisi level tiga dengan perbaikan.

Guna percepatan peningkatan kapabilitas APIP diselenggarakan kegiatan coaching clinic yang dilaksanakan selama dua hari mulai dari hari Kamis (12/04) hingga Jumat (13/04) tersebut dikuti sebanyak sebelas orang peserta yang berasal dari Inspektorat Kabupaten Bone, Toraja Utara, dan Kota Parepare. Masing-masing inspektorat tersebut pada saat ini masih berada di posisi level dua dengan perbaikan atau belum sepenuhnya memenuhi indikator pemenuhan di level dua.

Berbeda halnya dengan indikator-indikator pemenuhan level tiga yang menghendaki pengimplementasian pedoman-pedoman yang telah dibuat, indikator-indikator pemenuhan level dua memiliki sifat yang lebih mengarah ke pembangunan infrastruktur pengawasan seperti halnya penyusunan piagam audit hingga pedoman-pedoman pelaksanaan pengawasan.

Narasumber berasal dari pejabat fungsional auditor Bidang P3A, Damargo Hadiono dari Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan memberikan pemaparan materi mengenai infrastruktur dan tata cara pengimplementasian pedoman yang dikehendaki dalam kartu skoring penilaian kapabilitas APIP yang berdasarkan IACM Model.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan infrastruktur pengawasan di  ingkungan inspektorat, sehingga dapat secepatnya diimplementasikan dan membuahkan hasil yang diinginkan, yaitu kemampuan APIP untuk memberikan pencegahan/peringatan dini ketika terjadi penyelewengan di lingkungan pemerintah daerah.

Humas BPKP Sul Sel (Putri/Tony)



Share      

Berita Terkait:

13 Nopember 2018 09:02:53 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Desa sebagai Ujung Tombak Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat
12 Nopember 2018 15:15:02 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kepala Desa Harus Mampu Menjadi Motor Penggerak Ekonomi Desa
26 Oktober 2018 15:02:00 / papuabarat1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kodam XVIII /Kasuari Gandeng Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat pada Acara Bimtek Manajemen Risiko
27 September 2018 13:49:52 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Cegah Korupsi dengan Kelola Risiko Korupsi Terintegrasi
27 September 2018 13:19:51 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Gandeng BPKP, Kodam XIV Hasanuddin Bangun Manajemen Risiko